Rabu, 15 Juni 2016

Proposal kewirausahaan



PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN (KANTIN)
PERMOHONAN DANA UNTUK PENGADAAN KANTIN
DI KAMPUS AKADEMI KEUANGAN DAN PERBANKAN EFFATA KUPANG
 DALAM PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PTS
BIDANG KEWIRAUSAHAAN
 DI KOPERTIS WILAYAH VIII
 
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
USAHA KANTIN
BIDANG KEGIATAN
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA KEWIRAUSAHAAN
Diusulkan oleh :

                             Mitro Yampison Faot                       NIM(61114)
                              Natalia M. corebima                       NIM   (..........)

AKADEMI KEUANGAN DAN PERBANKAN
(AKUB) EFFATA KUPANG
TAHUN 2015
Jl. sumba No. 17,Oeba,Kupang
Phone: (0380) 825566

HALAMAN PENGESAHAN
USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1.        Judul Kegiatan                     : USAHA KANTIN KAMPUS (café)
2.        Bidang Kegiatan                  : PKM Kewirausahaan
3.        Bidang Ilmu                         : Keuangan dan Perbankan
4.        Pelaksana Kegiatan                     
a.      Nama Lengkap           : Mitro Yampison Faot             ( 61114 )
b.      Perguruan Tinggi         : Akademi Keuangan dan Perbankan (AKUB) Effata Kupang
c.      Alamat                        : Jl. Sumba No.17, Oeba, Kupang
d.     No Telp/HP                : (0380) 825566
e.      Email                          :

5.        Dosen Pendamping
a.    Nama Lengkap            : Yesaya Pella, S.pd
b.    NIP                             :
c.    Alamat Rumah            : Jl. Sumba No 17, Oeba, Kupang

6.        Biaya Kegiatan                    : Rp 20.000.000,-               
7.        Jangka Waktu Pelaksanaan  : 1 bulan dst.


Kupang, 21 September 2015
Menyetujui,
                      Dosen Pendamping                                               Pelaksana Kegiatan



                      (Yesaya Pella, S.pd)                                            (Mitro Yampison Faot
                                  NIP :                                                                  NIM : 61114




1) JUDUL KEGIATAN :  
USAHA KANTIN KAMPUS ( EFFATA CAFÉ)


2) LATAR BELAKANG MASALAH
Mengonsumsi sarapan merupakan rutinitas yang terlupakan di tengah kesibukan menyiapkan aktivitas di pagi hari.Seringkali kita mengabaikan sarapan dengan alasan kurangnya waktu, padatnya aktivitas atau bosan dengan menu sarapan yang monoton.Padahal sarapan bukan sekedar untuk mengganjal perut, tetapi juga memberikan energi agar otak bekerja lebih optimal, dapat beraktivitas dengan baik dan tidak cepat mengantuk.
Sarapan merupakan makanan yang dimakan ketika pagi hari sebelum beraktifitas, makanan itu terdiri dari makanan pokok serta lauk pauk atau makanan lainnya yang dapat dijadikan sumber energi dan gizi. Bagi mahasiswa yang akan melakukan perkuliahan di pagi hari, tentu saja mereka membutuhkan sarapan agar tidak mengganggu konsentrasi belajar dan tidak lemas. Penelitian menunjukkan pelajar yang rutin sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding yang berangkat dari rumah dengan perut kosong.
Di AKUB Effata Kupang, mahasiswa yang melakukan kegiatan perkuliahaan di pagi hari cukup banyak dan rata-rata mereka jarang sarapan di rumah. Hal tersebut karena mahasiswa tidak memiliki waktu sarapan di rumah atau di rumahnya tidak ada makanan, sehingga mereka lebih memilih sarapan di luar kampus. Akibatnya mahasiswa yang akan melakukan perkuliahan di pagi hari terlambat masuk kelas.
Dengan melihat analisa tersebut kami ingin memberikan suatu solusi untuk kalangan mahasiswa kampus Akub Effata yang membutuhkan sarapan yang praktis, bergizi dan dengan harga yang terjangkau.
Kami membuka usaha perdagangan Kantin yang  menjual makanan dan minuman dengan nama “EFFATA CAFÉ” yang menggunakan tenaga-tenaga dari mahasiswa kampus itu sendiri dan juga terbuka untuk umum. Mahasiswa dan masyarakat umum dapat memperoleh sarapan secara cepat dan bergizi dengan harga terjangkau dan yang penting tidak mengganggu proses belajar-mengajar.
Modal yang kami butuhkan untuk membuka usaha ini adalah Rp 20.000.000,-. Modal tersebut kami perlukan untuk pembelian perlengkapan,peralatan dan bahan-bahan pokok dan alat-alat yang diperlukan dalam menunjang pengoperasian kantin kampus. Untuk biaya promosi, kami memakai brosur,iklan lewat radio, dan papan banner, dll.

3) PERUMUSAN MASALAH

·      Apakah usaha  “EFFATA CAFE”merupakan usaha yang menguntungkan.
·      Kapan usaha  “ EFFATA CAFE ”mencapai titik impas.
·      Bagaimana saluran pemasaran usaha “EFFATA CAFE ”.


4)  TUJUAN PROGRAM

Adapun tujuan dari program kewirausahaan ini adalah :
·      Memperoleh keuntungan.
·      Memberikan sarapan praktis dan bergizi bagi mahasiswa yang belum sarapan di rumah.
·      Menambah relasi di lingkungan kampus.
·      Sebagai lahan eksperimen berbisnis di tengah banyaknya pengangguran berijazah yang ada di negeri ini.
·      Sebagai sarana untuk membetuk jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa sesuai dengan visi dan misi kampus yaitu untuk mencetak mahasiswa yang unggul dalam bidang manajemen dan bisnis.

5) MANFAAT YANG DIHARAPKAN

Dari kegiatan kewirausahaan ini diharapkan :
·         Memotivasi mahasiswa untuk menjadi seorang yang memiliki keinginan untuk maju dan berkembang serta dapat bermanfaat bagi kalangan masyarakat.
·         Menciptakan entrepreneur sukses.
·         Menjadikan usaha “ EFFATA CAFE” berkelanjutan setelah kegiatan ini selesai karena melihat prospek usaha kuliner yang sangat baik dengan semakin banyaknya kebutuhan mahasiswa berupa makanan serta letak usaha yang strategis tepat di pusat kota.




6)  KEGUNAAN PROGRAM

Kegunaan program kewirausahan ini adalah :
·         Memudahkan mahasiswa AKUB EFFATA memperoleh makanan sehat.
·         Sebagai sarana mahasiswa lain yang membutuhkan pekerjaan sampingan.
·         Menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif di kalangan mahasiswa AKUB EFFATA sehingga diharapkan program ini menjadi sarana pembelajaran serta menambahkan pengalaman wirausaha agar tidak canggung ketika berada di dunia kerja.
·         Menumbuhkan sikap dan perilaku bertanggung jawab atas usaha yang dimiliki.
·         Sebagai aplikasi dari visi dan misi kampus AKUB EFFATA.

7) GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

EFFATA CAFE” merupakan bisnis perdagangan makanan yang bertujuan memudahkan mahasiswa dalam memperoleh sarapan yang bergizi.
EFFATA CAFE” untuk kalangan mahasiswa juga merupakan solusi yang terbaik bagi mereka yang tidak sempat sarapan di rumah.
Dilihat dari prospek usahaEFFATA CAFE” sangat berpotensi untuk menjadi usaha sampingan mahasiswa karena waktu kerja tidak menghalangi proses belajar. Selain itu tugasnya untuk membantu mahasiswa serta menambah pengalaman, bukan hanya mencari keuntungan.
Prospek usaha ini berpotensi karna di lokasi kampus Akub Effata ini memiliki :
·         10 orang pegawai staf
·         Mahasiswa semester I berjumlah 60 orang
·         Mahasiswa semester III berjumlah 45 orang
·         Dan mahasiswa semester V berjumlah 20 orang

Dan di dalam lokasi kampus juga terdapat SMK EFFATA KUPANG
Yang memiliki :
·         15  orang guru
·         Siswa kelas 1 berjumlah 20 orang
·         Siswa kelas 2 berjumlah 20 orang
·         Siswa kelas 3 berjumlah 20 orang
Target konsumen secara keseluruhan adalah 205 orang, jadi peluang bisnis ini sangat besar.
Kelebihan bisnis ini adalah memberikan sarapan secara praktis dengan memakai bahan-bahan yang bersih dan sehat serta pengerjaannya dibuat secara langsung oleh setiap anggota.
Jam operasional kegiatan usahaEFFATA CAFE” pada pagi hari dengan segmen pasar yaitu seluruh mahasiswa yang berkuliah di AKUB EFFATA yang membutuhkan makanan secara praktis dan cepat. Dan juga jam operasional di sore hari dan malam hari dengan segmen pasar yaitu mahasiswa yang ingin kerja tugas di  kampus karena akan di lengkapi dengan fasilitas wifi dan juga dengan masyarakat umum yang ingin mendapatkan makanan sehat dan bergizi.
Tahap awal yang dilakukan EFFATA CAFE ” dalam membangun usahanya yaitu dengan melakukan promosi melalui media komunikasi seperti SMS dan BBM yang dikirimke tiap mahasiswa AKUB EFFATA. Sosialisasi dan promosi ini dilakukan satu minggu sebelum usaha dibuka. Kami pun melakukan promosi dari mulut ke mulut agar lebih banyak lagi mahasiswa yang mengetahui dan juga memakai brosur, iklan lewat radio dan papan banner.

8) METODE PENDEKATAN
Kami melakukan pengamatan terhadap mahasiswa AKUB EFFATA  yang belajar sebagai calon konsumen (target pasar) sehingga usaha ini memiliki pasar yang jelas.
Setiap usaha yang baru mulai memerlukan ketepatan-ketepatan dalam pengambilan keputusan. Jika tidak maka kegagalan akan muncul dalam usahanya. Ketepatan tersebut dapat diperoleh melalui pendekatan yang sesuai salah satunya adalah analisis SWOT.
Analisis SWOT adalah mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. SWOT adalah kependekan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Adapun penjabarannya sebagai berikut :
Strength artinya kekuatan dalam bisnis Kantin
ü  Konsumen dapat langsung mengorder tanpa harus mencari di luar kampus.
ü  Menggunakan pemasaran yang menarik dan agresif sebagai bisnis baru seperti menggunakan SMS, BBM dan bertemu secara langsung,brosur,papan banner.
ü  Usaha ini satu-satunya di dalam lingkungan kampus sehingga memancing rasa penasaran dan keingintahuan customerdari dalam maupun dari luar.
ü  Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh mahasiswa di kampusamupun  masyarakat umum.
ü  Menawarkan harga yang terjangkau untuk kaum mahasiswa.
ü  Weakness artinya kelemahan dalam bisnis Kantin
ü  “ EFFATA CAFE ” merupakan usaha baru yang belum terlalu dikenal.
ü  Untuk menangani kelemahan ini, kami melakukan promosi secara terus-menerus melalui media komunikasi serta pertemuan langsung dengan konsumen.
ü  usaha-usaha yang ingin dilakukan adalah makanan dan minuman berupa kue,gorengan dan minuman-minuman dingin.
ü  Untuk mengatasi kelemahan tersebut kami membatasi pembelian bahan dan menargetkan penjualan agar bahan habis terpakai sebelum kadarluasa.
ü  Opportunities artinya peluang dalam bisnis kantin
ü  Dapat membuka cabang usaha di kampus lain jika usaha ini sudah stabil.
ü  Dapat berkembang menjadi usaha yang menawari berbagai aneka makanan dan minuman.
ü  Memperluas pemasaran dengan area penjualan tidak hanya di kampus AKUB EFFATA tetapi bisa di tempatlaindan segmentasi konsumen tidak hanya mahasiswa.
ü  Belum ada usaha perdagangan di kampus ini, Karena itu, kami berasumsi bahwa pengadaan kantin ini akan dapat mengundang para mahasiswa untuk membeli.
ü  Threats artinya hambatan dalam bisnis kantin
ü  Kebiasaan individu yang lebih dulu membeli makanan dan minuman  atau percayai sehingga mempengaruhi keputusan mereka datang ke kantin ini..
ü  Kami menangani ancaman trersebut dengan membuat tempat yang menarik dengan melihat perkembangan jaman sesuai konsep “fun” serta menggunakan fasilitas free wifi.
ü  Adanya pesaing kantin atau kios-kios lain.
ü  Untuk mengatasi ancaman tersebut, kami memberikan penjelasan kepada konsumen mengenai makanan dan minuman di kantin iniserta cara pembuatan makanan dan minuman ini agar konsumen mengetahui mengapa kami memberikan harga yang berbeda dari penjual lain.

9) JADWAL KEGIATAN PROGRAM
Kegiatan dilakukan pada Bulan Oktober 2015, dimulai pada minggu pertama melakukan riset pasar.Setelah mengetahui kebutuhan konsumen, maka terciptalah usaha “EFFATA CAFE”.Kami melakukan promosi pada minggu ketiga dan keempat, lalu melakukan penjualan pada minggu ke empat dan kami melakukan evaluasi atas pejualan yang telah dilaksanakan.


10) RINCIAN BIAYA :

1.      Biaya Pemasaran (promosi)
·         Pulsa SMS dan BBM                                                                   = Rp 100.000,-
·           Brosur                                                                                          = Rp 100.000,-
·           Iklan lewat radio                                                                          = Rp 500.000,-
·           Papan baner                                                                                  = Rp 500.000,-
= Rp 1.200.000,-

2.    Biaya Perlengkapan dan Peralatan
·         Gerobak                                              = Rp 5.000.000,-
·         Terpal                                                  = Rp 500.000,-
·         Kompor gas                                         = Rp 500.000,-
·         Kompor biasa                                      = Rp 500.000,-
·         Gas elpiji 12 Kg                                  = Rp 500.000,-
·         Dandang besar                                                = Rp 500.000,-
·         Wajan besar                                         = Rp 500.000,-
·         Ceret 5 buah @20.000                        = Rp 100.000,-
·         Piring melamin 3 lusin @100.000,-     = Rp 300.000,-
·         Sendok 5 lusin @20.000,-                  = Rp 100.000,-
·         Gelas 5 lusin @20.000,-                      = Rp 100.000,-
·         Meja panjang 1 buah                           = Rp 500.000,-
·         Kursi 2 buah @25.000,-                      = Rp 50.000,-
·         Karpet 5 buah @200.000,-                 = Rp 1.000.000,-
·         Baskom 2 buah @25.000,-                 = Rp 50.000,-
·         Dispenser 1 buah                                 = Rp 300.000,-
·         Gallon air 5 buah @50.000,-               = Rp 250.000,-
·         Blender 1 buah                                    = Rp 1.000.000,-
·         Meja kecil 5 buah @25.000,-              = Rp 100.000,-
·         Termos                                                = Rp 100.000,-
·         Suttel  2 buah @25.000,-                    = Rp 50.000,-

= Rp 12.000.000,-





2.      Biaya bahan pokok
·         terigu 1 sag                                                                       = Rp    300.000
·         telur 5 rak                                                                          = Rp300.000
·         minyakgoreng 3 liter                                                         = Rp    200.000
·           Minyak tanah 10 liter @10.000                                       = Rp    100.000
·         Pembelian tepung roti                                                       = Rp    50.000
·         Pembelian saus sambal sachet                                           = Rp    30.000
·         Pembelian plastik                                                  = Rp    30.000
·         Pembelian kentang                                                            = Rp    30.000
·         Pembelian wortel                                                              = Rp    10.000
·         Pembelian roti                                                                   = Rp    30.000
·         Pembelian saus sambal sachet                                           = Rp    30.000 +
                                                                                                   Rp    53.000

4.   Biaya Transportasi
·         Transportasi                                                                       = Rp 500.000,-

Rekapitulasi Biaya
1. Biaya promosi                                                                     Rp    -
2. Biaya peralatan dan perlengkapan                         
3. Biaya Modal
3. Biaya operasional                                                                Rp+
Total pengeluaran                                                                    Rp









Perhitungan Pendapatan (Cash Inflow)EFFATA CAFE”


Perhitungan Pendapatan
Total
Pendapatan per hari:
1 org makan kue/rotiRp 5.000,00
Kalo 200 org makan kue
*ket:    1 roti = Rp 5.000,00

Rp  1000.000,00
Pendapatan keseluruhan
6 hari
*ket: operasional 6 x penjualan

Rp 6.000.000,00

Maka PayBack Period (PBP) = Pendapatan keseluruhan - Total pengeluaran
                                                                     Jumlah penjualan
                                               = Rp 6.000.000,00 – Rp
                                                                    
                                               = Rp 2.500,00
Jika Asumsinya
Pendapatan kotor yang diterima dari setiap mahasiswa Rp 2.500,00
Maka jumlah pelanggan yang dibutuhkan untuk mencapai Break Event Point:


Ket.
Break Event Point (jika pendapatan sama dengan modal) Rp 500.000,00
Rata-rata pembelanjaan Mahasiswa Rp 5.000,00/ per orang

Maka BEP pelanggan =       Rp 500.000,00      = 100 orang per hari
                                             Rp  5.000,00/orang





                                                                 PENUTUP

KESIMPULAN
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha kantin ini merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi penganggura dan mahasiswa di bantu untuk belajar berwirausaha. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang..

SARAN
  1. Dalam mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
  2. Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
  3. Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inofatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
  4. Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
  5. Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar