PADA
PT.PLN (PERSERO) AREA KUPANG
BAGIAN
PELAYANAN DAN ADMINISTRASI
Disusun oleh
NAMA : MITRO YAMPISON FAOT
NIM : 61114
Dosen Pembimbing
MOLISYAH G. NAUTU,S.KOM
PROGRAM STUDI KEUANGAN DAN PERBANKAN
AKADEMI KEUANGAN DAN PERBANKAN
(AKUB) EFFATA KUPANG
2015
LEMBAR PENGESAHAN
Tempat/ Objek
Magang
: PT.PLN (PERSERO) AREA KUPANG
Jl. Palapa No. 27 Oebobo Kupang.
Waktu
Pelaksanaan :
1 Juli 2015 - 31 Agustus 2015
Kupang, 31 Agustus 2015
Mitro Yampison Faot
NIM : 61114
Mengetahui,
Menyetujui,
Kepro
Spv.Administrasi & Umum
Adriana
Lopo,SE.MM
Jusuf O. Maromon
NIP : NIP
:
Mengetahui,
Menyetujui,
Dosen pembimbing Lapangan Spv.Pelayanan Pelanggan
Molisyah G.
Nautu,S.Kom
Haris Najmuddin
NIP : NIP
:
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan
bimbingan-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan penulisan Laporan Magang pada
PT. PLN (Persero) AREA KUPANG dengan baik.
Laporan
ini disusun sebagai suatu syarat untuk memperoleh nilai dari mata kuliah magang
dengan dibebankan 2 sks, dimana aplikasinya dan cara penyelesaian diperoleh
dari kegiatan-kegiatan yang terjadi di lapangan.
Tersusunnya
laporan ini juga tidak terlepas dari uluran tangan dari berbagai pihak yang
telah membantu dalam penyusunan laporan ini. Oleh karena itu, tidak lupa saya
haturkan terima kasih kepada :
1. Tuhan
Yang Maha Esa, Atas berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan laporan ini
dengan baik.
2. Ayah
dan Ibu Tercinta, yang telah mendukung saya dalam melakukan kegiatan magang.
3. Bapak
Barnabas J.J.S Pella,SH.M.Hum selaku Direktur Akademi Keuangan Dan Perbankan
(akub) Effata Kupang yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk
melakukan kegiatan Magang.
4. Ibu
Adriana Lopo,SE.MM selaku Ketua Program Studi Keuangan dan Perbankan Akademi
Keuangan dan Perbankan (akub) Effata Kupang.
5. Ibu
Molisyah G. Nautu sebagai Dosen pembimbing Lapangan Akademi Keuangan dan
Perbankan (akub) Effata Kupang.
6. Ibu
Maria G.I. Gunawan selaku Manajer PT. PLN Area Kupang yang telah mengijinkan saya
untuk melakukan kegiatan Magang.
7. Bapak
Eko Sudaryono, selaku Asman Pelayanan dan Administrasi yang telah menerima saya
untuk melaksanakan Magang di tempatnya.
8. Bapak
Jusuf O.
Maromon dan Bapak Haris Najmuddin selaku pembimbing lapangan yang dengan senang
hati membimbing saya dalam melaksanakan kegiatan Magang.
9. Seluruh
pegawai PT. PLN (PERSERO) Area dan Rayon Kupang yang telah membimbing saya
dalam melaksanakan Kegiatan Magang.
Akhir kata, saya menyadari bahwa laporan ini belum
sepenuhnya sempurna. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari
semua pihak demi kelancaran laporan ini.
Kupang, 31 Agustus 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
Halaman Judul………………………………………………………………………………..... i
Lembaran Pengesahan………………………………………………………………………..... ii
Kata Pengantar……………………………………………………………………………….... iii
Daftar
Isi………………………………………………………………………………………. iv
Daftar Tabel…………………………………………………………………………………..... vi
Daftar Lampiran……………………………………………………………………………...... vii
Daftar Gambar…………………………………………………………………………............
viii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Pelaksanaan Magang………………………………………………… 1
1.2 Ruang
Lingkup Magang……………………………………………………………… 3
1.3 Maksud
dan Tujuan Magang…………….……………………………………………
3
1.4 Manfaat
Magang…………………………………………………………………….. 3
1.5 Pelaksanaan
Magang………………………………………………………………… 4
1.5.1
Objek Magang……………………………………………………………….. 4
1.5.2
Bidang Penempatan……………….…………………………………………. 4
1.5.3
Pelaksanaan Magang………………………………………………………… 4
BAB
II GAMBARAN UMUM ORGANISASI / PERUSAHAAN
2.1 Sejarah
Organisasi /
Perusahaan…………………………………….......................... 5
2.1.1
Nama dan Bentuk
Perusahaan……………………………………………….. 7
2.1.2
Bidang
Usaha……………………………………………………………….... 8
2.1.3
Lokasi Perusahaan…………………………………………………………… 10
2.2 Organisasi
Perusahaan………………………………………………………………..
10
2.2.1
Struktur Organisasi Perusahaan……………………………………………… 11
2.2.2
Ketenagakerjaan……………………………………………………………… 14
2.3 Kegiatan
Produksi……………………………………………………………………. 15
2.3.1
Proses Produksi………………………………………………………………. 15
2.3.2
Hasil Produksi………………………………………………………………... 15
2.4 Pemasaran
/ Wilayah Distribusi………………………………………………………
15
2.4.1
Daerah Pemasaran / Daerah
Kerja…………………………………………… 15
2.4.2
Saluran Distribusi/ Daerah
Kerja…………………………………………….. 15
BAB
III AKTIVITAS MAGANG
3.1.
Tempat Penugasan……………………………………………………………………
16
3.2.
Sistim dan Produser………………………………………………………………….. 17
3.3.
Macam Kegiatan dan Uraian…………………………………………………………. 17
3.4.
Masalah yang dihadapi………………………………………………………………. 20
3.5.
Penanganan Masalah………………………………………………………………….
20
BAB
IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan………………………………………………………………………….. 21
4.2. Saran………………………………………………………………………………… 21
LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
Tabel 1. Jabatan dan Uraian Kerja
Tabel 2. Komposisi Karyawan Area Kupang
Tabel 3. Perusahaan pelaksana tenaga kerja kontrak (
Outsourcing )
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran 1. Absensi Magang
Lampiran 2. Nilai Magang ( Pembimbing Lapangan )
Lampiran 3. Nilai Magang ( Dosen Pembimbing )
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1. Sketsa pendapatan PLN Area Kupang NTT
Gambar 2. Pekerjaan penulis di tempat magang
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang Pelaksanaan Magang
Akademi Keuangan dan
Perbankan (AKUB) Effata Kupang adalah salah satu lembaga pendidikan yang
memiliki visi dan misi. Visi AKUB Effata Kupang adalah ”Menjadi
lembaga pendidikan tinggi di Indonesia Timur yang unggul, Berwawasan global
dalam bidang bisnis dan manajemen”
Sedangkan Misi AKUB
Effata Kupang adalah :
1.
Melaksanakan Tri Dharma
Perguruan Tinggi dalam bidang Bisnis dan Manajemen.
2. Mengembangkan
ilmu di bidang Bisnis dan Manajemen guna mendukung pertumbuhan industri
perekonomian NTT dan Indonesia Timur.
3.
Menyiapkan pelaku Bisnis
dan Manajemen yang dilengkapi dengan kompetensi dan profesionalisme yang
unggul, serta memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat.
Sesuai dengan Visi dan Misi di atas, diharapkan
mahasiswa AKUB Effata Kupang memiliki mental kuat yang dilengkapi dengan penguasaan
ilmu pengetahuan dan teknologi dalam Bisnis dan Manajemen di bidang Keuangan dan
perbankan sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan serta mampu bersaing
dalam dunia kerja di era globalisasi.
Sedangkan Program Studi
Keuangan dan Perbankan mempunyai Visi dan Misi.
Visi
program studi Keuangan dan Perbankan adalah “menjadi akademi penghasil lulusan
yang profesional dan unggul dalam bidang keuangan dan perbankan, dengan
memiliki kekhususan dalam bidang akuntansi keuangan, di wilayah Nusa Tenggara
Timur pada tahun 2020, sehingga dapat menjadi pusat keunggulan pendidikan
Keuangan dan Perbankan di wilayah Indonesia Timur pada tahun 2025.
Sedangkan Misi program studi Keuangan dan
Perbankan adalah :
1.
Mengembangkan Proses
belajar mengajar berbasis kurikulum perguruan tinggi yan disesuaikan dengan
perubahan dinamis dunia keuangan nasional dan daerah, sehingga dapat
menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja.
2.
Mengembangkan pelatihan
berbasis kompetensi untuk mahasiswa dan dosen agar mampu mengikuti perkembangan
ilmu pengetahuan dalam bidang Keuangan dan Perbankan.
3.
Mengembangkan penelitian
dan kegiatan ilmiah sehingga mampu memberikan sumbangan konstruktif bagi
percepatan pembangunan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, regional dan
nasional.
4.
Mengembangkan pengabdian
dan pelayanan kepada masyarakat untuk mendorong kreativitas masyarakat agar
maju dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
5.
Meningkatkan kualitas
manajemen akademi dengan pengembangan database dan transparansi keuangan.
6.
Menigkatkan kualitas
personil akademi, yang meliputi tenaga administrasi dan dosen, sesuai dengan
disiplin ilmu keuangan dan perbankan.
7.
Meningkatkan dan
memberdayakan kerja sama dengan lembaga-lembaga di Nusa Tenggara Timur dan
Indonesia Timur untuk meningkatkan sumber daya akademi.
Program studi Keuangan
dan Perbankan adalah program studi yang mendukung pelaksanaan kegiatan yang berorientasi
pada peningkatan sumber daya manusia. Program studi ini bertujuan menghasilkan
intelektual ekonomi yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan kewenangan
sebagai profesional di bidangnya. Disamping itu, program studi ini diharapkan
menghasilkan diploma yang memiliki sikap, nilai dan tanggung jawab yang
dilengkapi dengan wawasan luas serta pengetahuan teori
dan praktek
sebagai profesional.
Dewasa ini persaingan di
dunia kerja semakin tinggi. Seperti yang diketahui bahwa dunia
kerja merupakan dunia yang syarat akan persaingan dan keterampilan. Ijasah saja
tidak cukup untuk menembus pasar kerja yang juga semakin ketat. Fakta di
lapangan membuktikan banyaknya para lulusan muda yang masih belum juga
mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengisyaratkan bahwa, untuk dapat menembus pasar
kerja saat ini, maka ada banyak hal yang harus di perhatikan. Salah satunya
faktor pengalaman dan keterampilan kerja. Kedisiplinan juga menjadi faktor
utama yang perlu diperhatikan bagi seorang pekerja. Sehingga di harapkan bahwa
setidaknya ketiga hal tersebut dapat terbentuk melalui kegiatan Kuliah seperti
Magang.
Magang adalah kegiatan
nyata di lapangan (perbankan, atau badan usaha milik negara) untuk memperoleh
pemahaman dan keterampilan yang dilaksanakan dalam periode waktu tertentu,
sehingga dapat meningkatkan profesionalisme para mahasiswa sesuai dengan disiplin
ilmunya. Mata kuliah Magang diambil sebagai salah satu cara atau usaha untuk
mendidik mahasiswa diharapkan dapat memiliki suatu pengalaman untuk menerapkan
ilmu yang telah didapat dibangku kuliah serta mengaplikasikan di dunia kerja.
Sesuai dengan bidang
yang dilaksanakan yaitu bidang Keuangan dan Perbankan, maka sebagai mahasiswa
yang menempuh program mata kuliah Magang dan di tempatkan pada Perusahaan Milik
Negara yaitu PT. PLN (Persero) Area Kupang Unit Pelayanan dan Administrasi sebagai
obyek Magang.. Selain itu PT. PLN (Persero), sebagai satu – satunya perusahaan
penyedia listrik dan merupakan salah satu perusahaan yang paling berpangaruh
dan tetap bertahan di Indonesia, sehingga PT. PLN (Persero) dapat dipastikan
telah memiliki sistem manajemen yang baik dan layak untuk dipelajari
PT. PLN (Persero)
merupakan penyedia jasa listrik yang selalu berhubungan erat dengan masyarakat,
karena merupakan produk yang selalu dibutuhkan masyarakat untuk keperluan
sehari – hari.
Dari penjelasan diatas
saya memilih untuk membahas lebih detail tentang gambaran perusahaan PT. PLN
(Persero).
1.2 Ruang
Lingkup Magang
Ruang lingkup magang berkaitan
dengan bidang keuangan, khususnya di bagian Staf pelayanan
dan administrasi di
PT PLN (persero) Area Kupang.
Untuk keputusan penempatan dan jadwal magang sesuai dengan kebijakan dan
peraturan dari perusahaan.
1.3 Maksud dan Tujuan Magang
Maksud dengan adanya kegiatan Magang
ini adalah agar para Mahasiswa dapat mengetahui dunia kerja dan lebih mandiri
dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
Tujuan dengan di adakannya Kegiatan Magang adalah untuk
menerapkan ilmu yang telah didapatkan dari bangku kuliah dan mengaplikasikannya
dengan baik dan tepat, serta memahami dunia pekerjaan sekaligus dapat menambah
wawasan kita.
1.4 Manfaat Magang
Kegiatan magang yang dilakukan oleh
penulis di PT PLN (Persero) Area Kupang dapat memberikan manfaat bagi penulis, Akademi
Keuangan dan Perbankan Effata Kupang, dan PT PLN (Persero) Area Kupang.
q Manfaat magang bagi mahasiswa,
yaitu:
1. sebagai bekal mahasiswa sebelum
memasuki dunia kerja,
2. memberikan gambaran mengenai tata
cara kerja di perusahaan,
3. untuk menerapkan dan mempraktikan
materi yang diperoleh selama di perguruan tinggi,
4. mengetahui lebih jelas mengenai
seluk beluk dunia kerja,
5. melatih softskill mahasiswa
dalam teamwork di dunia kerja,
6. mengukur kemampuan dan keterampilan
mahasiswa secara langsung di dunia kerja, dan
7. membantu mahasiswa memperoleh
pengalaman kerja.
q Manfaat magang bagi Akademi Keuangan
dan Perbankan Effata Kupang,yaitu:
1. mempersiapkan
mahasiswa untuk siap bekerja dan berwawasan luas mengenai dunia kerja,
2. menghasilkan lulusan yang memiliki pengalaman
kerja dalam kegiatan magang, dan
3. menjalin kerjasama antara Akademi Keuangan
dan Perbankan Effata Kupang dengan perusahaan (BUMN) dan Lembaga Keuangan
lainnya.
q Manfaat magang bagi PT PLN (Persero)
Area Kupang, yaitu:
1. Diharapkan setelah berlangsungnya Kegiatan
Magang ini akan timbul hubungan timbale balik yang baik antara mahasiswa yang
melaksanakan magang.
2. Adanya rasa memberi dan menerima dalam bidang
wawasan dan ilmu pengetahuan antara mahasiswa dan instansi tempat magang
berlangsung;
3. Mendapatkan bantuan dari pihak yang mengikuti
magang dalam mengembangkan program dari jasa yang ada sesuai dengan perkembangan
ilmu yang ada sekarang.
1.5 Pelaksanaan Magang
1.5.1
Objek Magang
1.
Nama Obyek
Magang yang dilaksanakan pada PT. PLN (Persero) Area Kupang..
2.
Alamat
PT. PLN (Persero) Area Kupang beralamat di Jl. Palapa
No. 27 Oebobo Kupang. Telp. (0380) 821217, Fax. (0380) 833741
1.5.2 Bidang Penempatan
Staf Pelayanan dan Administrasi
1.5.3 Pelaksanaan Magang
Pelaksanaan Magang pada
PT. PLN (Persero) Area Kupang dilaksanakan selama 2(dua) bulan efektif,
terhitung mulai tanggal 01 Juli – 31 Agustus 2015 sesuai dengan persetujuan
instansi terkait dengan Kampus. Kuliah Kerja ini dilaksanakan pada hari efektif
dalam satu minggu yaitu hari Senin – Jum’at, mulai pukul 07.30 – 16.30 WITA.
BAB
II
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah PT. PLN (Persero) Area Kupang
Sejarah PT PLN (Persero) Area Kupang
PT
PLN (Persero) dalam menjalankan usahanya, ditopang oleh beberapa unit bisnis
yang salah satu diantaranya adalah PLN Wilayah XI dengan Wilayah Kerja meliputi
Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
Lahirnya
kebijakan Pemerintah tentang otonomi daerah dan restrukturisasi sektor
ketenagalistrikan pada tahun 1998, maka PT. PLN (Persero) melakukan
restrukturisasi organisasi dalam bentuk pembentukan wilayah / unit bisnis baru.
PLN Wilayah XI merupakan salah satu unit bisnis dengan wilayah kerja yang
sangat luas sehingga dipandang perlu untuk melakukan pengembangan organisasi
terhadap unit bisnis ini. Langkah-langkah persiapan pemekaran pun mulai
dilakukan, tepatnya pada tanggal 20 Februari 2001 terbitlah Surat Keputusan
Direksi nomor 032.K/010/Dir/2001 yang menetapkan terbentuknya PT. PLN (Persero)
Wilayah Usaha Nusa Tenggara Timur.
PT
PLN (Persero) Wilayah Usaha Nusa Tenggara Timur saat itu masih menginduk
ke PLN Wilayah XI. Masa itu merupakan masa persiapan dan cikal bakal
terbentuknya PLN NTT. Berkat komitmen, usaha dan kerja keras seluruh pegawai
yang tak kenal lelah, masa-masa persiapan itupun dapat dilalui dengan baik.
PLN
NTT akhirnya, pada tanggal 25 Juni 2002 berdasarkan Surat Keputusan Direksi
nomor 087.K/010/Dir/2002, resmi terbentuk dengan status sebagai Unit Bisnis PT
PLN (Persero) yang mempunyai wilayah kerja di seluruh Propinsi Nusa Tenggara
Timur.
PLN
NTT awalnya memiliki dua Unit Cabang, yaitu Cabang Kupang dengan 8 Unit ranting
dan 86 Unit Sub Ranting, serta Cabang
Ende dengan 4 Unit Ranting dan 56 Unit Sub Ranting. Dalam
perkembangannya telah terjadi perubahan status 5 (lima) unit sub ranting
menjadi ranting, yaitu Labuan Bajo, Lembata, Mbay dan Adonara di Cabang Ende
dan Rote Ndao di Unit Cabang
Kupang.
Selain itu, PLTD Tenau dan Kuanino di PLN Cabang Kupang berubah status menjadi
Pusat Listrik Tenaga Diesel Kupang, PLTD Mautapaga Cabang Ende menjadi Pusat
Listrik Tenaga Diesel Ende, PLTD Kambajawa menjadi Pusat Listrik Waingapu, PLTD
Wolomarang menjadi Pusat Listrik Maumere dan Pembangunan PLTP Mataloko di
Bajawa serta pembentukan Rayon Kupang.
PLN
NTT kini telah ditopang oleh 4 Unit Cabang, 15 Unit Ranting, 5 Unit Pusat
Listrik dan 1 Unit Rayon. Kesemuanya itu adalah perwujudan tekad untuk semakin
memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.
PLN NTT Cabang Kupang secara historis diketahui bahwa
sebelum tahun 1945 yaitu jauh sebelum PLN Cabang Kupang didirikan di Kota
Kupang, telah terdapat sebuah perusahaan listrik milik swasta (bangsa
Tionghoa/China) dengan nama EMTO (Eletriche Matscaphapy Timor On Order Heiden).
Kemudian pada tahun 1964 didirikan lagi sebuah perusahaan listrik di Kota
Kupang dengan nama Perusahaan Listrik Negara Eksploitasi VIII Cabang Kupang
milik negara, sehingga pada saat itu di Kota Kupang terdapat dua perusahaan
listrik. Perusahaan listrik swasta (EMTO) beroperasi melayani masyarakat yang
berdomisili disekitar pabrik yaitu Bonipoi, Merdeka, Oeba, Kampung Solor, LLBK,
Fontein Bawah, Air Mata, Benteng dan sekitarnya, sedangkan perusahaan Listrik
Negara Eksploitasi VIII Cabang Kupang beroperasi mulai dari Fontein atas,
Kampung Baru, Merdeka bagian atas, Kuanino, Oebobo, Naikoten I dan II, Tingkat
I, Oepura,dan Bakunase.
Perusahaan Listrik Negara Eksploitasi VIII di Kupang
tersebut adalah berdasarkan undang-undang no.9 tahun 1960, tentang
nasionalisasi perusahaan asing yang bersifat vital yaitu semua perusahaan
swasta diseluruh wilayah Indonesia di ambil alih oleh pemerintah dan dilebur
menjadi perusahaan listrik negara, khusus bagi propinsi Nusa Tenggara Timur,
pelaksanaan peleburan EMTO kedalam Perusahaan Listrik Negara Eksploitasi VIII
Cabang Kupang baru mulai dilakukan pada tanggal 1 Oktober 1965.
Perusahaan Listrik Negara
Eksploitasi VIII Cabang Kupang tahun 1975
mulai ditingkatkan statusnya menjadi Perusahaan Umum Listrik Negara
Wilayah XI Cabang Kupang. Dan sejak itu sampai tahun 2000 PLN Cabang Kupang
bernaung dibawah PT PLN (Persero) Wilayah XI yang bekedudukan di Denpasar. Pada
Bulan Juli tahun 2001 dengan PT PLN (Persero) Wilayah XI membuka kantor unit
Bisnis Wilayah Usaha Nusa Tenggara Timur dengan nama PT PLN (Persero) Wilayah
Usaha NTT dan kemudian berubah status menjadi PLN NTT.
PT PLN (Persero) Cabang Kupang berada dibawah naungan PLN
NTT. PLN NTT Cabang Kupang yang mengemban tugas sangat penting dalam memberikan
pelayanan dan informasi kepada masyarakat luas khususnya pelanggan PLN yang
berada di wilayah Kota/Kabupaten antara lain : Kota Kupang, Kabupaten Kupang,
Kabupaten TTS, Kabupaten TTU, Kabupaten Belu, Kabupaten Rote Ndao, dan
Kabupaten Alor.
PLN NTT Cabang Kupang dalam pendistribusian tenaga
listrik mewadahi daerah Tingkat II Kota dan Kabupaten dimana kantor yang
berkedudukan di Kota/Kabupaten ini berstatus kantor ranting. Kecuali kantor PT
PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Oesao yang berlokasi diluar
Kota/Kabupaten yaitu di Kota Kecamatan yang termasuk dalam wilayah Kabupaten
Kupang Kecamatan Kupang Timur.
Unit-unit yang berada dibawah naungan PLN NTT Cabang
Kupang yaitu:
1).PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Rayon
Kupang
2). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting
Oesao
3). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting
Soe
4). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Kefamenanu
5). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting
Atambua
6). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting
Rote Ndao
7). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting
Kalabahi
8). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang PLTD Kupang
Pada
tanggal 21 November 2011 berdasarkan Surat Keputusan Direksi nomor
1351.K/010/DIR/2011, 1352.K/010/DIR/2011, dan 1353.K/010/DIR/2011 Cabang Kupang
berubah menjadi Unit Layanan yang terbagi menjadi 3 (tiga) Unit Layanan, yaitu
Unit Layanan Soe, Unit Layanan Atambua, dan Unit Layanan Kupang.
Namun,
organisasi Unit Layanan hanya berlangsung beberapa bulan saja. Sesuai Keputusan Direksi nomor 083.K/Dir/2012 tanggal 28
Februari 2012 tentang Organisasi PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur
Area Kupang maka PLN Unit Layanan Kupang berganti nama menjadi Area Kupang .
Adapun wilayah kerja PLN Area Kupang meliputi Rayon Kupang, Rayon Oesao, Rayon
So’E, Rayon Kefamenanu, Rayon Atambua, Rayon Kalabahi, dan Rayon Rote Ndao.
Berbagai hambatan telah terlewati, sederet
prestasi mampu diraih, semuanya sungguh bukanlah akhir tetapi awal yang harus
memotivasi kita menghasilkan karya-karya yang lebih berharga demi PLN tercinta.
2.1.1
Nama
dan Bentuk Perusahaan / Organisasi
PT.
PLN ( Persero ) Area Kupang merupakan salah satu perusahaan milik Negara (BUMN)
yang terbentuk.
2.1.2
Bidang
Usaha/Organisasi
PT.
PLN (Persero) Area Kupang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan
jasa untuk membantu masyarakat dalam bidang kelistrikan, dan juga menyiapkan
material bagi masyarakat yang membutuhkan tenaga listrik.
Visi dan Misi
Visi: “PT. PLN (Persero) KORPORAT :
Diakui
sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh kembang, unggul, dan terpercaya, dengan bertumpu pada potensi insani.
PT. PLN (Persero) WILAYAH NUSA TENGGARA TIMUR :
Menjadikan perusahaan
pemasok energi listrik terpercaya, mampu memenuhi kebutuhan dan
kepuasan pelanggan, mampu beroperasi dengan efisien, efektif
dan andal serta mandiri
secara financial.
PENJELASAN VISI:
Misi:
q PT. PLN (Persero) KORPORAT :
1.
Menjalankan
bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi kepada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan, dan pemegang saham.
2.
Menyediakan
tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
3.
Mengupayakan
agar tenaga listrik dapat menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
Menjalankan
kegiatan usaha yang berwawasanlingkungan.
q PT. PLN (Persero) WILAYAH NUSA TENGGARA TIMUR :
1.
Menjamin
ketersediaan tenaga listrik dengan kualitas dan kuantitas yang
dipersyaratkan(KTL)
2.
Meningkatkan
kepuasan pelanggan (CS)
3.
Meningkatkan
profesionalitas dan integritas SDM (HR)
4.
Tata
kelola bisnis ketenagalistrikan yang baik sesuai dengan kaidah yang dipersyaratkan (GCG)
5.
Pemanfaatan
energi baru terbarukan untuk pembangkit listrik di PLN NTT (SDA)
Menjalankan
usaha yang berwawasan lingkungan (LING)
Motto PLN : “Bekerja, bekerja,
bekerja.”
1.
Bekerja untuk diri sendiri
2.
Bekerja untuk PLN
3.
Bekerja untuk publik / umum
2.1.3
Lokasi
Perusahaan / Organisasi
PT. PLN (Persero) Area
Kupang beralamat di Jl. Palapa No. 27 Oebobo Kupang. Telp. (0380) 821217, Fax.
(0380) 833741
2.2
Organisasi
Perusahaan
PT.
PLN (Persero) Area Kupang dipimpin oleh seoarang manajer area kupang dibantu
oleh 3 orang staf ahli yang membawahi asisten manajer, manajer rayon, dan para
supervisior. Berikut struktur organisasi PT. PLN (Persero) Area Kupang beserta
dengan uraian dan jabatan.
2.2.1
STRUKTUR
ORGANISASI
Tabel
1.
Jabatan dan Uraian Kerja
|
|
q
Manajer Area :
Merumuskan
sasaran area, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pelayanan
pelanggan, pendistribusian dan pembangkitan tenaga listrik. Berikut
pembangunannya sesuai kebijakan PLN.
Tugas Pokok :
·
Merumuskan sasaran kerja cabang berdasarkan target
perusahaan dengan pedoman kepada ketentuan PLN pusat, petunjuk serta
kebijakan pelaksanaan pekerjaan dari unit pengusaha induk.
·
Menyusun konsep kebijakan teknis cabang berdasarkan
program kerja unit pengusaha induk sebagai bahan usulan.
·
Menyusun usulan Rencana Anggaran Operasi dan
Investasi Cabang untuk ditindak lanjuti kepada pemimpin PLN wilayah sebagai
bahan rencana pelaksanaan tahun yang akan datang.
·
Menganalisa dan mengevaluasi kinerja cabang dalam rangka
pencapaian target – target yang telah ditetapkan.
·
Mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan
pendistribusian dan atau membangkitkan tenaga agar sesuai dengan jadwal dan
target perusahaan.
·
Mengkoordinasikan pelayanan dan pembangunan
kelistrikan dengan pemda setempat atau instansi terikat.
·
Memeriksa dan menandatangani bukti – bukti
pengesahan, penerimaan dan pengeluaran uang cabang, surat perintah kerja,
surat resmi lainnya yang menyangkut cabang, sebagai upaya untuk melaksanakan
pengawasan dan pengendalian.
·
Merencanakan system pelaksanaan pengawasan dan
penyerahan pekerjaan yang dilaksanakn oleh pihak ketiga untuk menghindari
penyimpangan – penyimpangan.
.
q Asisten Manajer Jaringan :
Mengkoordinasi dan mengarahkan bawahan
di lingkungan distribusi keandalan system yang berkaitan dengan kontinuitas
penyaluran tenaga listrik kepada lingkungan, serta melaksanakan operasi
penertiban listrik, memelihara kondisi jaringan sehingga kontinuitas dan
keandalan jaringan tetap terjaga.
Tugas Pokok :
·
Menyusun rencana kerja bagian distribusi sebagai
pedoman kerja.
·
Mendisribusikan tugasnya kepada stafnya di bagian
distribusi sesuai dengan bidang tugasnya.
·
Mengkoordinasi dan memberikan petunjuk kepada
stafnya agar dapat melakukan tugasnya sesuai dengan rencana dan SOP.
·
Mengevaluasi hasil kerja stafnya sabagai bahan
pembinaan.
·
Mengevaluasi konsep rencan rencana anggaran operasi
dan investasi di bagian distribusi sebagai usulan yang akan di ajukan ke
kepala cabang.
·
Mengarahkan sasaran P2TL berdasarkan data hasil
ukuran beban garduterhadap pelanggan yang mempunyai indikasi untuk dijadikan
sasaran P2TL, sebagai upaya untuk menekan susut jaringan.
·
Mengarahkan konsep rencana pemakaian aliran listrik
dan konsep usulan pembagian beban pada penyulang, serta konsep pemeliharaan
jaringan dan gardu agar konsep tersebut layak dioperasikan.
·
Memberikan petunjuk untuk penyelesaian atas
permasalahan yang timbul dan cara mengantisipasinya.
q Supervisior Pelayanan Pelanggan : Menganalisa
dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pelanggan sesuai target yang telah
ditentukan serta memberikan informasi dan penyuluhan tentang
ketenagalistrikan di wilayah kerjanya dan prosedur pelayanan kepada
pelanggan.
Tugas Pokok :
·
Membuat rencana kerja.
·
Menbuat langka – langka kegiatan pelayanan pelanggan
sebagai pedoman kerja.
·
Mengevaluasi hasil penyambungan dan perubahan daya
listrik, pemakai listrik sesuai ketentuan yang berlaku.
·
Membuat laporan berkala dalam bidang tugasnya.
·
Melaksanakan bidang – bidang kedinasan lainnya
sesuai dengan kewajiban dan tanggung jawab pokoknya.
|
q Asisten Manajer Transaksi Energi : Bertanggung
jawab dalam perencanaan, operasi pemeliharaan mesin pembangkit listrik dan
instalasinya termasuk gedung serta sarana dan prasarananya.
Tugas Pokok :
·
Menyusun rencana kerja di pembangkitan area
·
Member perunjuk kepada supervisior dan staf di
bawahnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
·
Mengkoordinasikan penyusunan rencana teknis
konstruksi, operasi dan pemeliharaan sarana pembangkit tenaga listrik dan
bangunan sipil yang terkait agar sesuai dengan kebutuhan.
·
Mempelajari petunjuk kerja pengoperasian dan
pemeliharaan mesin pembangkit untuk dijadikan sebagai bahan perencanaan dan
evaluasi.
·
Menyusun data RAO/UAI sebagai bahan usulan.
·
Membuat kebijakan dalam menjaga, mengoperasiakn dan
memelihara asset dilingkungan pembangkit dan memanfaatkannya.
·
Mengkaji setiap peraturan yang berkaitan K3 untuk
disesuaikan dengan keadaan atau kondisi saat ini dan melaksanakan penyuluhan
bidang K3 serta mengulangi bahaya kebakaran dan mengadakan koordinasi dengan
instansi terkait.
q Asisten Manajer Pelayanan & Administrasi : Mengkoordinasi
dan mengendalikan kegiatan sumber daya manusia dan administrasi, yang
meliputi kepegawaian sekertariat, hokum dan humas untuk kelancaran dalam
pelaksanaannya
Tugas Pokok :
·
Menyusun rencana kerja sesuai bidang tugasnya.
·
Memberi petunjuk kepada para supervisior dan
fungsional ahli di bagian SDM dan administrasi untuk kelancaran pelaksanaan
tugas.
·
Mengkoordiner pelaksanaan tugas – tugas kepegawaian
secretariat, hokum dan humas untuk saling mendukung dalam mencpai tujuan yang
telah ditetapkan.
·
Mengkaji laporan yang berkaitan dengan pelaksanaan
bidang tugasnya untuk mengetahui hambatan dan usaha penyelesaiannya.
·
Mengawasi kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan
tugas dibidangnya agar sesuai dengan ketentuannya.
·
Mengevaluasi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana
kerja yang telah ditentukan sebagai bahan pembinaan kepada bawahan.
·
Menyusun rencana anggaran operasi (RAO0 dan usulan
anggaran investasi (UAI) pada bagian SDM dan administrasi secara berkala
sesuai aturan yang berlaku.
·
Membuat laporan berkala sesuai dengan bidang
tugasnya.
q Supervisior Pemeliharaan Jaringan: Bertanggung
jawab dalam perencanaan, opersai dan pemeliharaan mesin pembangkit listrik
dan instalasinya termasuk gedung serta sarana dan prasarananya.
Tugas pokok :
·
Menyusun rencana kerja dan pemeliharaan mesin
pembangkit sebagai pedoman kerja.
·
Membagi tugas kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan
tugas.
·
Memberi petunjuk kepada bawahan agar dapat
melaksanakan tugas dengan baik.
·
Memriksa, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan
tugas bawahan dalam memelihara mesin dan alat bantu, peralatan listrik dan
alat control sesuai dengan yang ditentukan.
·
Mengevaluasi laporan gangguan unit pembangkit untuk
dijadikan sebagai bahan pemeliharaan dan perbaikan.
·
Mengusulkan dan memeriksa usulan kebutuhan material
atau pemeliharaan termasuk untuk RAO / UAI.
·
Mengevaluasi laporan gangguan untuk bahan pemeliharaan
/ perbaikan.
·
Memonitor dan membuat daftar seluruh mesin berikut
daya perlokasimengenai gangguan / kerusakan yang pernah terjadi, cara
mengatasi dan petugas pelaksananya.
·
Membuat laporan sesuai bidang tugasnya.
|
2.2.2
Ketenaga kerjaan
PLN Area
Kupang memiliki
137
karyawan
dengan kompetensi latar belakang pendidikan yang berbeda – beda dan usia yang beragam, dengan perincian seperti yang dapat
dilihat
pada
:
Tabel 2:
Komposisi Karyawan Area Kupang
PENDIDIKAN
|
JUMLAH
|
UMUR
|
%
|
SMP
|
1
|
18-25
|
19
|
SMA
|
89
|
26-35
|
23,4
|
D1
|
15
|
36-45
|
28,5
|
D2
|
0
|
46-50
|
16,1
|
D3
|
13
|
51-54
|
10,2
|
S1
|
19
|
>54
|
2,9
|
TOTAL
|
137
|
|
100
|
Untuk
tenaga outsourching PT.PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur Area Kupang bekerjasama dengan
dengan beberapa perusahaan antara lain:
No.
|
Borongan Pekerjaan
|
Pelaksana
|
1.
|
Pelayanan Teknik Rayon Kupang
|
PT Canayu Telaga Pratama
|
2.
|
Pengamanan Kantor Area, Rayon Kupang, dan Rayon Oesao
|
PT Karya Dewata Abadi
|
3.
|
Pengamanan Rayon So’E, Kefamenanu, Atambua, Rotendao
dan Kalabahi
|
PT Nusa
Mandiri Sejahtera
|
4.
|
Administrasi
Perkantoran, Keuangan, dan Pelayanan Pelanggan
|
PT Nusa
Mandiri Sejahtera
|
5.
|
Operasi dan
Pemeliharaan Jaringan Rayon Oesao, So’E, Kefamenanu, Atambua, Rotendao, dan
Kalabahi
|
PT Nusa
Mandiri Sejahtera
|
Tabel 3. Perusahaan Tenaga Outsourching
2.3
Kegiatan
Produksi
Kegiatan produksi atau kemampuan
produksi energy listrik yaitu :
1. SEKTOR
TIMOR (PLTD Kuanino) terdapat 1 generator Nigata dengan kemampuan daya 2500 KW
dan mampu memproduksi dengan daya 1500 KW.
PLTD Tenau terdapat 10 mesin dengan rincian, 4 buah
generator MAK, dengan kemampuan daya 2544 KW dan 1 buah generator Mirlles
Caterpilar ( Caterpilar I dan II ) dngan kemampuan daya 4500 KW, 1 buah mesin
Sulsel ( mesin andalan PT. PLN ) dengan daya terpasang 8000 KW dengan kemampuan
daya 6000 KW, 2 buah mesin Generator Motor ( GM 1 dan GM 2 ) dengandaya
terpasang 2544 KW dan kemampuan daya 1000 KW menjadi total kegiatan produksi
daya seluruhnya 49. 350KW, sedangkan
2. beban
puncak siang hari 2.040 KW dan malam hari 37. 650 KW. Hasil produksi dari PT.
PLN adalah listrik.
2.3.1
Proses
Produksi
Adapun kegiatan atau pelayanan PT. PLN (Persero) Area
Kupang yang diberikan kepada masyarakat yaitu dengan memberikan jasa
kelistrikan kepada masyarakat baik dalam bentuk meteran biasa maupun meteran
pulsa prabayar, yang dapat dinikmati langsung oleh masyarakat Kupang khususnya
masyarakat Nusa Tenggara Timur dan program baru dari PLN adalah mewujudkan NTT
100% memakai Listrik Pintar.
2.3.2
Hasil
Produksi
Hasil produksikan yang dihasilkan adalah jasa
kelistrikan yang mencakup wilayah kota Kupang dan Kabupaten Kupang.
2.4
Pemasaran
/ Wilayah Distribusi
2.4.1
Daerah
Pemasaran / Daerah Kerja
PT. PLN (Persero) Area Kupang memiliki 7 Rayon
tersebar diseluruh kota dan kabupaten di pulau Timor, Alor dan Rote. Di pulau
Timor terdiri dari Rayon Kupang, Rayon Oesao, Rayon Soe, Rayon Kefamenanu, dan
Rayon Atambua, di Pulau Alor ada Rayon Kalabahi dan terakhir di Pulau Rote ada
Rayon Rote Ndao. Pada masing – masing rayon tersebut membawahi sub rayon dan kantor
jaga.
2.4.2
Saluran
Distribusi
Untuk mempermudah proses pelaksanaan kegiatan
pemasaran, saluran distribusi yang dipakai oleh PT. PLN (Persero) Area Kupang
ialah saluran jaringan tegangan menengah, jaringan tegangan rendah, saluran
rumah (SR), alat pengukur dan alat pembatas (APP).
BAB III
AKTIVITAS MAGANG
3.1
Tempat
Penugasan
Pada saat saya
melaksanakan Magang di PT. PLN (Persero) Area Kupang
Jl. Palapa No. 27
Oebobo Kupang, saya ditempatkan pada bagian Pelayanan dan Administrasi Area
Kupang. Dimana pada bagian ini saya dihadapkan pada unit Pelayanan Pelanggan.
Pada unit ini, penulis diajarkan bagaimana menjual tenaga listrik dengan
menggunakan surat perjanjian jual-beli tenaga listrik (SPJBTL), dan saya
diajarkan bagaimana melihat pendapatan PLN dari sisi keuangan bahwa PLN
mendapat keuntungan dari menjual Tenaga Listrik. Berikut contoh gambar PLN dari
sisi pendapatan :
Menjual tenaga listrik
Mengirim uang Membayar
Mengirim uang
Gambar 1. mekanisme penjualan dan
pendapatan PLN
(Persero) Wilayah NTT Area Kupang.
Keterangan
:
1.
Untuk
memperoleh pendapatan, PT.PLN (persero) Wilayah NTT Area Kupang, menjual
tenaga listrik kepada masyarakat dengan menggunakan Surat Perjanjian Jual
Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).
2.
Masyarakat
membeli Listrik dari PT.PLN (persero) Wilayah NTT Area Kupang lalu
membayarnya, dan uang pembayaran Listrik tersebut langsung masuk atau
terintegrasi ke PT.PLN (persero) Pusat.
3.
Uang
yang telah di terima oleh PT.PLN (persero) Pusat lalu di Dropping kembali ke PT.PLN (persero) Wilayah NTT Rayon Kupang.
4.
PT.PLN
(persero) Wilayah NTT Rayon Kupang, mengirim atau mendropping lagi uang tersebut kepada PT.PLN (persero) Wilayah
NTT Area Kupang disetiap minggu dan di setiap bulan, agar memenuhi
kebutuhan-kebutuhan di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan dan juga
untuk menunjang keberlangsungan dalam pendistribusian Tenaga Listrik.
|
3.2
Sistem dan Prosedur
Sistem dan Prosedur
Memonitor Absensi pegawai tetap dan pegawai outsourcing dengan program absensi
sidik jari online (SECURE).
Ø
Setelah pegawai mengabsen secara otomats, akan
ditarik data pegawai yang mengabsen.
Ø
Waktu
pekerjaan yang diseting adalah 07.30 – 16.30
Ø
Setiap
pegawai yang absen lebih dari waktu yang telah ditentukan akan dikenai teguran
melalui surat.
Ø
Setelah
pekerjaan selesai pegawai absen untuk pulang, dan bagi pegawai yang absen
sebelum pukul 16.30 akan menampilkan pulang cepat.
Ø
Sedangkan
khusus pegawai outsourcing yang pulang lewat dari pukul 16.30, akan mendapatkan
uang lembur perjam.
Ø
Untuk
ranting Rayon Kupang meliputi: Rayon Oesao, Rayon So’e, Rayon Kefamenanu, Rayon
Atambua, Rayon Kalabahi dan Rayon Rote Ndao, data pegawai tetap dan
outsourcingnya akan dikirim melalui E-mail.
Ø
Data
yang diterima akan dicetak dan diperiksa oleh Supervisior Pelayanan dan
Administrasi.
Ø
Data
diarsipkan diruang arsip.
3.3
Macam Kegiatan dan Uraian Kerja
Pada saat saya mulai
menjalankan Magang pada bagian Pelayanan dan Administrasi PT. PLN (Persero)
Area Kupang, pekerjaan yang saya lakukan selama Magang di PT. PLN (Persero)
Area Kupang, adalah sebagai berikut:
NO
|
HARI/TGL
|
URAIAN KERJA
|
KETERANGAN
|
1
|
Rabu
01/07
|
Perkenalan
Diri
|
Hadir
|
2
|
Kamis
02/07
|
Mengscan
arsip data pelanggan
|
Hadir
|
3
|
Jumat
03/07
|
Mengscan
arsip data pelanggan
|
Hadir
|
4
|
Senin
06/07
|
Menghitung
biaya pengisian listrik prabayar
|
Hadir
|
5
|
Selasa
07/07
|
Mengarsip
data pelanggan ke ruang AIL
|
Hadir
|
6
|
Rabu
08/07
|
Mengarsip
data pelanggan ke ruang AIL
|
Hadir
|
7
|
Kamis
09/07
|
Membuat
brosur listrik pintar
|
Hadir
|
8
|
Jumat
10/07
|
Ikut
Ret-Ret Kampus
|
Ijin
|
9
|
Senin
13/07
|
Input
arsip data pelanggan dalam bentuk PDF
|
Hadir
|
10
|
Selasa
14/07
|
Input
arsip data pelanggan dalam bentuk PDF
|
Hadir
|
11
|
Rabu
15/07
|
Input
arsip data pelanggan dalam bentuk PDF
|
Hadir
|
12
|
Kamis
16/07
|
Cuti
bersama
|
Libur
|
13
|
Jumat
17/07
|
Hari
Raya Idul fitri
|
Libur
|
14
|
Senin
20/07
|
Cuti
bersama
|
Libur
|
15
|
Selasa
21/07
|
Cuti
bersama
|
Libur
|
16
|
Rabu
22/07
|
Mencatat
map arsip data pelanggan
|
Hadir
|
17
|
Kamis
23/07
|
Membantu
di gudang PLTD kuanino
|
Hadir
|
18
|
Jumat
24/07
|
Ikut
Mengantar Surat ke pelanggan besar
|
Hadir
|
19
|
Senin
27/07
|
Mencatat
nomor meteran pulsa
|
Hadir
|
20
|
Selasa
28/07
|
Ikut
sosialisasi program ebiling di pelanggan besar
|
Hadir
|
21
|
Rabu
29/07
|
Ikut
sosialisasi program ebiling di pelanggan besar
|
Hadir
|
22
|
Rabu
30/07
|
Ikut
sosialisasi program ebiling di pelanggan besar
|
Hadir
|
NO
|
HARI/TGL
|
URAIAN KERJA
|
KETERANGAN
|
23
|
Kamis
31/07
|
Membuat
label map di Ms.exel
|
Hadir
|
24
|
Senin
03/08
|
Membuat
surat jawaban permohonan meteran listrik baru
|
Hadir
|
25
|
Selasa
04/08
|
Mengetik label map di Ms.exel,
Mengetik Surat Penerapan tarif untuk pusat perbelanjaan
|
Hadir
|
26
|
Rabu
05/08
|
Menginput ID data pelanggan
|
Hadir
|
27
|
Kamis
06/08
|
Mengetik daftar ID pelanggan
|
Hadir
|
28
|
Jumat
07/08
|
Mengetik
Surat Laporan Legalisasi
|
Hadir
|
29
|
Senin
10/08
|
Mengetik
data pelanggan di ms.exel
|
Hadir
|
30
|
Selasa
11/08
|
Mengetik
surat perintah kerja di ms.word
|
Hadir
|
31
|
Rabu
12/08
|
Mengscan
arsip data pelanggan
|
Hadir
|
32
|
Kamis
13/08
|
Mencetak
permohonan migrasi
|
Hadir
|
33
|
Jumat
14/08
|
Mencetak
permohonan migrasi
|
Hadir
|
34
|
Senin
17/08
|
HUT
Proklamasi Kemerdekaan RI
|
Libur
|
35
|
Selasa
18/08
|
Mencetak
token prepaid
|
Hadir
|
36
|
Rabu
19/08
|
Mencetak
token prepaid
|
Hadir
|
37
|
Kamis
20/08
|
Mencetak
berita acara
|
Hadir
|
38
|
Jumat
21/08
|
Mencetak
surat permohonan tambah daya
|
Hadir
|
39
|
Senin
24/08
|
Mengagenda
surat
|
Hadir
|
40
|
Selasa
25/08
|
Mencetak
permohonan migrasi
|
Hadir
|
41
|
Rabu
26/08
|
Mencetak
permohonan migrasi
|
Hadir
|
42
|
Kamis
27/08
|
Ikut
sosialisasi Listrik pintar di Lapas
|
Hadir
|
43
|
Jumat
28/08
|
Mengisi
Perubahan Data Langganan melalui Sistem Online
|
Hadir
|
44
|
Senin
31/08
|
Meng-agenda
Surat dan pamit
|
Hadir
|
1.1
Masalah
yang dihadapi
Selama
melaksanakan Magang, kendala yang dihadapi oleh saya adalah, semua pekerjaan
yang ada di PT. PLN (Persero) Area Kupang menggunakan sistem online dan hal –
hal mengenai listrik yang tidak sepenuhnya diketahui dan tidak dimengerti oleh
saya.
1.2
Penanganan
Masalah
Untuk
menangani masalah tersebut, saya selalu bertanya kepada pembimbing Magang atau
pegawai yang lain sesuai dengan pekerjaan yang tidak dimengerti oleh saya.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Berdasarkan
uraian diatas, maka saya mengambil kesimpulan yang berkaitan dengan kegiatan
Magang yaitu, sebagai berikut:
· Kegiatan
Magang merupakan salah satu tugas bagi mahasiswa dan sudah termasuk dalam Mata
Kuliah dengan 2 SKS.
· Kegiatan
Magang merupakan sarana peningkatan dan pembinaan manusia ditingkat Perguruan
Tinggi yang menjadikan mahasiswa yang bertanggung jawab, mandiri dan terampil
ketika terjun dalam dunia kerja.
· Kegiatan
Magang menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai dunia kerja dan
lebih mempersiapkan mahasiswa agar kedepannya selalu siap menghadapi dunia
kerja.
· Dilihat
dari sisi keuangan, kegiatan Magang pada PT.PLN (Persero) Area Kupang, membuat
mahasiswa bisa mengerti bagaimana
caranya bagi Perusahaan Listrik tersebut menerima pendapatan dengan melakukan
penjualan tenaga listrik.
4.2
Saran
· Bagi
Akademi Keuangan dan Perbankan, agar lebih banyak menjalin hubungan kerja sama
dengan perusahaan, sehingga mahasiswa tidak disulitkan dengan pembagian tempat Magang.
·
Bagi Jurusan Keuangan dan Perbankan:
Ø Diharapkan
pada kegiatan Magang tahun akademik berikutnya dari pihak jurusan dapat
memonitoring langsung ke lapangan dimana mahasiswa melaksanakan Magang agar
dapat meningkatkan hubungan baik antara kampus dan perusahaan atau instansi tersebut.
Ø Agar
kedepannya lebih di perhatikan
lagi dalam mengatur pembagian tempat magang.
mbak sya boleh tanya gimana solusi persiapan magang di pln?
BalasHapusSangat Bagus kaka...
BalasHapus+ Informasi ini sangat membantu saya dalam melakukan penelitian :D
GOD BLESS U :D