Rabu, 08 Juni 2016

laporan magang pada PT PLN (persero) Area Kupang.

PADA PT.PLN (PERSERO) AREA KUPANG
BAGIAN PELAYANAN DAN ADMINISTRASI

Disusun oleh

NAMA   : MITRO YAMPISON FAOT
 NIM       : 61114


Dosen Pembimbing

MOLISYAH G. NAUTU,S.KOM


PROGRAM STUDI KEUANGAN DAN PERBANKAN
AKADEMI KEUANGAN DAN PERBANKAN
 (AKUB) EFFATA KUPANG
2015



LEMBAR PENGESAHAN


Tempat/ Objek Magang                  : PT.PLN (PERSERO) AREA KUPANG
                                                           Jl. Palapa No. 27 Oebobo Kupang.
 Waktu Pelaksanaan                        : 1 Juli 2015 - 31 Agustus 2015


                                                                                Kupang, 31  Agustus 2015




                                                                                Mitro Yampison Faot
                                                                                NIM : 61114




Mengetahui,                                                           Menyetujui,
Kepro                                                                      Spv.Administrasi & Umum




Adriana Lopo,SE.MM                                            Jusuf O. Maromon
NIP :                                                                       NIP :


Mengetahui,                                                           Menyetujui,
Dosen pembimbing Lapangan                                Spv.Pelayanan Pelanggan



Molisyah G. Nautu,S.Kom                                    Haris Najmuddin
NIP :                                                                      NIP :

KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan bimbingan-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan penulisan Laporan Magang pada PT. PLN (Persero) AREA KUPANG dengan baik.
            Laporan ini disusun sebagai suatu syarat untuk memperoleh nilai dari mata kuliah magang dengan dibebankan 2 sks, dimana aplikasinya dan cara penyelesaian diperoleh dari kegiatan-kegiatan yang terjadi di lapangan.
            Tersusunnya laporan ini juga tidak terlepas dari uluran tangan dari berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini. Oleh karena itu, tidak lupa saya haturkan terima kasih kepada :
1.      Tuhan Yang Maha Esa, Atas berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.
2.      Ayah dan Ibu Tercinta, yang telah mendukung saya dalam melakukan kegiatan magang.
3.      Bapak Barnabas J.J.S Pella,SH.M.Hum selaku Direktur Akademi Keuangan Dan Perbankan (akub) Effata Kupang yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan kegiatan Magang.
4.      Ibu Adriana Lopo,SE.MM selaku Ketua Program Studi Keuangan dan Perbankan Akademi Keuangan dan Perbankan (akub) Effata Kupang.
5.      Ibu Molisyah G. Nautu sebagai Dosen pembimbing Lapangan Akademi Keuangan dan Perbankan (akub) Effata Kupang.
6.      Ibu Maria G.I. Gunawan selaku Manajer PT. PLN Area Kupang yang telah mengijinkan saya untuk melakukan kegiatan Magang.
7.      Bapak Eko Sudaryono, selaku Asman Pelayanan dan Administrasi yang telah menerima saya untuk melaksanakan Magang di tempatnya.
8.      Bapak Jusuf  O. Maromon dan Bapak Haris Najmuddin selaku pembimbing lapangan yang dengan senang hati membimbing saya dalam melaksanakan kegiatan Magang.
9.      Seluruh pegawai PT. PLN (PERSERO) Area dan Rayon Kupang yang telah membimbing saya dalam melaksanakan Kegiatan Magang.
Akhir kata, saya menyadari bahwa laporan ini belum sepenuhnya sempurna. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi kelancaran laporan ini.

                                                                                             Kupang, 31 Agustus 2015
                                                                                     
                                                                                      Penulis
DAFTAR ISI
                                             Halaman
Halaman Judul……………………………………………………………………………….....     i
Lembaran Pengesahan……………………………………………………………………….....    ii
Kata Pengantar………………………………………………………………………………....    iii
Daftar Isi……………………………………………………………………………………….    iv
Daftar Tabel………………………………………………………………………………….....   vi
Daftar Lampiran……………………………………………………………………………......   vii
Daftar Gambar…………………………………………………………………………............  viii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Pelaksanaan Magang…………………………………………………    1
1.2  Ruang Lingkup Magang………………………………………………………………    3
1.3  Maksud dan Tujuan Magang…………….……………………………………………    3
1.4  Manfaat Magang……………………………………………………………………..      3
1.5  Pelaksanaan Magang…………………………………………………………………     4
1.5.1        Objek Magang………………………………………………………………..     4
1.5.2        Bidang Penempatan……………….………………………………………….     4
1.5.3        Pelaksanaan Magang…………………………………………………………     4
BAB II GAMBARAN UMUM ORGANISASI / PERUSAHAAN
2.1  Sejarah Organisasi /  Perusahaan……………………………………..........................     5
2.1.1        Nama dan Bentuk Perusahaan………………………………………………..     7
2.1.2        Bidang Usaha………………………………………………………………....     8
2.1.3        Lokasi Perusahaan……………………………………………………………     10
2.2  Organisasi Perusahaan………………………………………………………………..     10
2.2.1        Struktur Organisasi Perusahaan………………………………………………     11
2.2.2        Ketenagakerjaan………………………………………………………………    14
2.3  Kegiatan Produksi…………………………………………………………………….    15
2.3.1        Proses Produksi……………………………………………………………….    15
2.3.2        Hasil Produksi………………………………………………………………...    15
2.4  Pemasaran / Wilayah Distribusi………………………………………………………    15
2.4.1        Daerah Pemasaran / Daerah Kerja……………………………………………    15
2.4.2        Saluran Distribusi/ Daerah Kerja……………………………………………..    15  


BAB III AKTIVITAS MAGANG
3.1. Tempat Penugasan……………………………………………………………………    16
3.2. Sistim dan Produser…………………………………………………………………..    17
3.3. Macam Kegiatan dan Uraian………………………………………………………….   17
3.4. Masalah yang dihadapi……………………………………………………………….    20
3.5. Penanganan Masalah………………………………………………………………….   20

BAB IV PENUTUP

4.1.  Kesimpulan…………………………………………………………………………..    21 
4.2.  Saran…………………………………………………………………………………    21

LAMPIRAN
















DAFTAR TABEL
Tabel 1. Jabatan dan Uraian Kerja
Tabel 2. Komposisi Karyawan Area Kupang
Tabel 3. Perusahaan pelaksana tenaga kerja kontrak ( Outsourcing )





















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Absensi Magang
Lampiran 2. Nilai Magang ( Pembimbing Lapangan )
Lampiran 3. Nilai Magang ( Dosen Pembimbing )




















DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Sketsa pendapatan PLN Area Kupang NTT
Gambar 2. Pekerjaan penulis di  tempat magang














BAB I
 PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang Pelaksanaan Magang
Akademi Keuangan dan Perbankan (AKUB) Effata Kupang adalah salah satu lembaga pendidikan yang memiliki visi dan misi. Visi AKUB Effata Kupang adalah ”Menjadi lembaga pendidikan tinggi di Indonesia Timur yang unggul, Berwawasan global dalam bidang bisnis dan manajemen”
Sedangkan Misi AKUB Effata Kupang adalah :
1.      Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Bisnis dan Manajemen.
2.      Mengembangkan ilmu di bidang Bisnis dan Manajemen guna mendukung pertumbuhan industri perekonomian NTT dan Indonesia Timur.
3.      Menyiapkan pelaku Bisnis dan Manajemen yang dilengkapi dengan kompetensi dan profesionalisme yang unggul, serta memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat.
Sesuai dengan Visi dan Misi di atas, diharapkan mahasiswa AKUB Effata Kupang memiliki mental kuat yang dilengkapi dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam Bisnis dan Manajemen di bidang Keuangan dan perbankan sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan serta mampu bersaing dalam dunia kerja di era globalisasi.
Sedangkan Program Studi Keuangan dan Perbankan mempunyai Visi dan Misi.
Visi program studi Keuangan dan Perbankan adalah “menjadi akademi penghasil lulusan yang profesional dan unggul dalam bidang keuangan dan perbankan, dengan memiliki kekhususan dalam bidang akuntansi keuangan, di wilayah Nusa Tenggara Timur pada tahun 2020, sehingga dapat menjadi pusat keunggulan pendidikan Keuangan dan Perbankan di wilayah Indonesia Timur pada tahun 2025.
     Sedangkan Misi program studi Keuangan dan Perbankan adalah :
1.      Mengembangkan Proses belajar mengajar berbasis kurikulum perguruan tinggi yan disesuaikan dengan perubahan dinamis dunia keuangan nasional dan daerah, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja.
2.      Mengembangkan pelatihan berbasis kompetensi untuk mahasiswa dan dosen agar mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang Keuangan dan Perbankan.
3.      Mengembangkan penelitian dan kegiatan ilmiah sehingga mampu memberikan sumbangan konstruktif bagi percepatan pembangunan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, regional dan nasional.
4.      Mengembangkan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat untuk mendorong kreativitas masyarakat agar maju dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
5.      Meningkatkan kualitas manajemen akademi dengan pengembangan database dan transparansi keuangan.
6.      Menigkatkan kualitas personil akademi, yang meliputi tenaga administrasi dan dosen, sesuai dengan disiplin ilmu keuangan dan perbankan.
7.      Meningkatkan dan memberdayakan kerja sama dengan lembaga-lembaga di Nusa Tenggara Timur dan Indonesia Timur untuk meningkatkan sumber daya akademi.
Program studi Keuangan dan Perbankan adalah program studi yang mendukung pelaksanaan kegiatan yang berorientasi pada peningkatan sumber daya manusia. Program studi ini bertujuan menghasilkan intelektual ekonomi yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan kewenangan sebagai profesional di bidangnya. Disamping itu, program studi ini diharapkan menghasilkan diploma yang memiliki sikap, nilai dan tanggung jawab yang dilengkapi dengan wawasan luas serta pengetahuan teori dan praktek sebagai profesional.
Dewasa ini persaingan di dunia kerja semakin tinggi. Seperti yang diketahui bahwa dunia kerja merupakan dunia yang syarat akan persaingan dan keterampilan. Ijasah saja tidak cukup untuk menembus pasar kerja yang juga semakin ketat. Fakta di lapangan membuktikan banyaknya para lulusan muda yang masih belum juga mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengisyaratkan bahwa, untuk dapat menembus pasar kerja saat ini, maka ada banyak hal yang harus di perhatikan. Salah satunya faktor pengalaman dan keterampilan kerja. Kedisiplinan juga menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan bagi seorang pekerja. Sehingga di harapkan bahwa setidaknya ketiga hal tersebut dapat terbentuk melalui kegiatan Kuliah seperti Magang.
Magang adalah kegiatan nyata di lapangan (perbankan, atau badan usaha milik negara) untuk memperoleh pemahaman dan keterampilan yang dilaksanakan dalam periode waktu tertentu, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme para mahasiswa sesuai dengan disiplin ilmunya. Mata kuliah Magang diambil sebagai salah satu cara atau usaha untuk mendidik mahasiswa diharapkan dapat memiliki suatu pengalaman untuk menerapkan ilmu yang telah didapat dibangku kuliah serta mengaplikasikan di dunia kerja.
Sesuai dengan bidang yang dilaksanakan yaitu bidang Keuangan dan Perbankan, maka sebagai mahasiswa yang menempuh program mata kuliah Magang dan di tempatkan pada Perusahaan Milik Negara yaitu PT. PLN (Persero) Area Kupang Unit Pelayanan dan Administrasi sebagai obyek Magang.. Selain itu PT. PLN (Persero), sebagai satu – satunya perusahaan penyedia listrik dan merupakan salah satu perusahaan yang paling berpangaruh dan tetap bertahan di Indonesia, sehingga PT. PLN (Persero) dapat dipastikan telah memiliki sistem manajemen yang baik dan layak untuk dipelajari
PT. PLN (Persero) merupakan penyedia jasa listrik yang selalu berhubungan erat dengan masyarakat, karena merupakan produk yang selalu dibutuhkan masyarakat untuk keperluan sehari – hari.
Dari penjelasan diatas saya memilih untuk membahas lebih detail tentang gambaran perusahaan PT. PLN (Persero).


1.2       Ruang Lingkup Magang
Ruang lingkup magang berkaitan dengan bidang keuangan, khususnya di bagian Staf pelayanan dan administrasi di PT PLN (persero) Area Kupang. Untuk keputusan penempatan dan jadwal magang sesuai dengan kebijakan dan peraturan dari perusahaan.

1.3       Maksud dan Tujuan Magang
Maksud dengan adanya kegiatan Magang ini adalah agar para Mahasiswa dapat mengetahui dunia kerja dan lebih mandiri dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
Tujuan dengan di adakannya Kegiatan Magang adalah untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan dari bangku kuliah dan mengaplikasikannya dengan baik dan tepat, serta memahami dunia pekerjaan sekaligus dapat menambah wawasan kita.
1.4       Manfaat Magang
                        Kegiatan magang yang dilakukan oleh penulis di PT PLN (Persero) Area Kupang dapat memberikan manfaat bagi penulis, Akademi Keuangan dan Perbankan Effata Kupang, dan PT PLN (Persero) Area Kupang.
q  Manfaat magang bagi mahasiswa, yaitu:
1.      sebagai bekal mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja,
2.      memberikan gambaran mengenai tata cara kerja di perusahaan,
3.      untuk menerapkan dan mempraktikan materi yang diperoleh selama di perguruan tinggi,
4.      mengetahui lebih jelas mengenai seluk beluk dunia kerja,
5.      melatih softskill mahasiswa dalam teamwork di dunia kerja,
6.      mengukur kemampuan dan keterampilan mahasiswa secara langsung di dunia kerja, dan
7.      membantu mahasiswa memperoleh pengalaman kerja.
q  Manfaat magang bagi Akademi Keuangan dan Perbankan Effata Kupang,yaitu:
1.    mempersiapkan mahasiswa untuk siap bekerja dan berwawasan luas mengenai dunia kerja,
2.   menghasilkan lulusan yang memiliki pengalaman kerja dalam kegiatan magang, dan
3.   menjalin kerjasama antara Akademi Keuangan dan Perbankan Effata Kupang dengan perusahaan (BUMN) dan Lembaga Keuangan lainnya.

q  Manfaat magang bagi PT PLN (Persero) Area Kupang, yaitu:
1.   Diharapkan setelah berlangsungnya Kegiatan Magang ini akan timbul hubungan timbale balik yang baik antara mahasiswa yang melaksanakan magang.
2.   Adanya rasa memberi dan menerima dalam bidang wawasan dan ilmu pengetahuan antara mahasiswa dan instansi tempat magang berlangsung;
3.   Mendapatkan bantuan dari pihak yang mengikuti magang dalam mengembangkan program dari jasa yang ada sesuai dengan perkembangan ilmu yang ada sekarang.


1.5       Pelaksanaan Magang
1.5.1        Objek Magang
1.      Nama Obyek
Magang yang dilaksanakan pada PT. PLN (Persero) Area Kupang..
2.      Alamat
PT. PLN (Persero) Area Kupang beralamat di Jl. Palapa No. 27 Oebobo Kupang. Telp. (0380) 821217, Fax. (0380) 833741
 1.5.2   Bidang Penempatan
Staf Pelayanan dan Administrasi
 1.5.3   Pelaksanaan Magang
Pelaksanaan Magang pada PT. PLN (Persero) Area Kupang dilaksanakan selama 2(dua) bulan efektif, terhitung mulai tanggal 01 Juli – 31 Agustus 2015 sesuai dengan persetujuan instansi terkait dengan Kampus. Kuliah Kerja ini dilaksanakan pada hari efektif dalam satu minggu yaitu hari Senin – Jum’at, mulai pukul 07.30 – 16.30 WITA.















BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1       Sejarah PT. PLN (Persero) Area Kupang
Sejarah PT PLN (Persero) Area Kupang
PT PLN (Persero) dalam menjalankan usahanya, ditopang oleh beberapa unit bisnis yang salah satu diantaranya adalah PLN Wilayah XI dengan Wilayah Kerja meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
Lahirnya kebijakan Pemerintah tentang otonomi daerah dan restrukturisasi sektor ketenagalistrikan pada tahun 1998, maka PT. PLN (Persero) melakukan restrukturisasi organisasi dalam bentuk pembentukan wilayah / unit bisnis baru. PLN Wilayah XI merupakan salah satu unit bisnis dengan wilayah kerja yang sangat luas sehingga dipandang perlu untuk melakukan pengembangan organisasi terhadap unit bisnis ini. Langkah-langkah persiapan pemekaran pun mulai dilakukan, tepatnya pada tanggal 20 Februari 2001 terbitlah Surat Keputusan Direksi nomor 032.K/010/Dir/2001 yang menetapkan terbentuknya PT. PLN (Persero) Wilayah Usaha Nusa Tenggara Timur.
PT PLN (Persero) Wilayah Usaha Nusa Tenggara Timur saat itu masih menginduk ke PLN Wilayah XI. Masa itu merupakan masa persiapan dan cikal bakal terbentuknya PLN NTT. Berkat komitmen, usaha dan kerja keras seluruh pegawai yang tak kenal lelah, masa-masa persiapan itupun dapat dilalui dengan baik.
PLN NTT akhirnya, pada tanggal 25 Juni 2002 berdasarkan Surat Keputusan Direksi nomor 087.K/010/Dir/2002, resmi terbentuk dengan status sebagai Unit Bisnis PT PLN (Persero) yang mempunyai wilayah kerja di seluruh Propinsi Nusa Tenggara Timur.
PLN NTT awalnya memiliki dua Unit Cabang, yaitu Cabang Kupang dengan 8 Unit ranting dan 86 Unit Sub Ranting,  serta Cabang Ende dengan 4 Unit Ranting dan 56 Unit Sub Ranting. Dalam perkembangannya telah terjadi perubahan status 5 (lima) unit sub ranting menjadi ranting, yaitu Labuan Bajo, Lembata, Mbay dan Adonara di Cabang Ende dan Rote Ndao di Unit Cabang  
Kupang. Selain itu, PLTD Tenau dan Kuanino di PLN Cabang Kupang berubah status menjadi Pusat Listrik Tenaga Diesel Kupang, PLTD Mautapaga Cabang Ende menjadi Pusat Listrik Tenaga Diesel Ende, PLTD Kambajawa menjadi Pusat Listrik Waingapu, PLTD Wolomarang menjadi Pusat Listrik Maumere dan Pembangunan PLTP Mataloko di Bajawa serta pembentukan Rayon Kupang.
PLN NTT kini telah ditopang oleh 4 Unit Cabang, 15 Unit Ranting, 5 Unit Pusat Listrik dan 1 Unit Rayon. Kesemuanya itu adalah perwujudan tekad untuk semakin memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.
PLN NTT Cabang Kupang secara historis diketahui bahwa sebelum tahun 1945 yaitu jauh sebelum PLN Cabang Kupang didirikan di Kota Kupang, telah terdapat sebuah perusahaan listrik milik swasta (bangsa Tionghoa/China) dengan nama EMTO (Eletriche Matscaphapy Timor On Order Heiden). Kemudian pada tahun 1964 didirikan lagi sebuah perusahaan listrik di Kota Kupang dengan nama Perusahaan Listrik Negara Eksploitasi VIII Cabang Kupang milik negara, sehingga pada saat itu di Kota Kupang terdapat dua perusahaan listrik. Perusahaan listrik swasta (EMTO) beroperasi melayani masyarakat yang berdomisili disekitar pabrik yaitu Bonipoi, Merdeka, Oeba, Kampung Solor, LLBK, Fontein Bawah, Air Mata, Benteng dan sekitarnya, sedangkan perusahaan Listrik Negara Eksploitasi VIII Cabang Kupang beroperasi mulai dari Fontein atas, Kampung Baru, Merdeka bagian atas, Kuanino, Oebobo, Naikoten I dan II, Tingkat I, Oepura,dan Bakunase.
Perusahaan Listrik Negara Eksploitasi VIII di Kupang tersebut adalah berdasarkan undang-undang no.9 tahun 1960, tentang nasionalisasi perusahaan asing yang bersifat vital yaitu semua perusahaan swasta diseluruh wilayah Indonesia di ambil alih oleh pemerintah dan dilebur menjadi perusahaan listrik negara, khusus bagi propinsi Nusa Tenggara Timur, pelaksanaan peleburan EMTO kedalam Perusahaan Listrik Negara Eksploitasi VIII Cabang Kupang baru mulai dilakukan pada tanggal 1 Oktober 1965.
Perusahaan Listrik Negara Eksploitasi VIII Cabang Kupang tahun 1975  mulai ditingkatkan statusnya menjadi Perusahaan Umum Listrik Negara Wilayah XI Cabang Kupang. Dan sejak itu sampai tahun 2000 PLN Cabang Kupang bernaung dibawah PT PLN (Persero) Wilayah XI yang bekedudukan di Denpasar. Pada Bulan Juli tahun 2001 dengan PT PLN (Persero) Wilayah XI membuka kantor unit Bisnis Wilayah Usaha Nusa Tenggara Timur dengan nama PT PLN (Persero) Wilayah Usaha NTT dan kemudian berubah status menjadi PLN NTT.
PT PLN (Persero) Cabang Kupang berada dibawah naungan PLN NTT. PLN NTT Cabang Kupang yang mengemban tugas sangat penting dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat luas khususnya pelanggan PLN yang berada di wilayah Kota/Kabupaten antara lain : Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten TTU, Kabupaten Belu, Kabupaten Rote Ndao, dan Kabupaten Alor.


PLN NTT Cabang Kupang dalam pendistribusian tenaga listrik mewadahi daerah Tingkat II Kota dan Kabupaten dimana kantor yang berkedudukan di Kota/Kabupaten ini berstatus kantor ranting. Kecuali kantor PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Oesao yang berlokasi diluar Kota/Kabupaten yaitu di Kota Kecamatan yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Kupang Kecamatan Kupang Timur.
Unit-unit yang berada dibawah naungan PLN NTT Cabang Kupang yaitu:
1).PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Rayon Kupang
2). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Oesao
3). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Soe
4). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Kefamenanu
5). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Atambua
6). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Rote Ndao
7). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang Ranting Kalabahi
8). PT PLN (Persero) Wilayah NTT Cabang Kupang PLTD Kupang
Pada tanggal 21 November 2011 berdasarkan Surat Keputusan Direksi nomor 1351.K/010/DIR/2011, 1352.K/010/DIR/2011, dan 1353.K/010/DIR/2011 Cabang Kupang berubah menjadi Unit Layanan yang terbagi menjadi 3 (tiga) Unit Layanan, yaitu Unit Layanan Soe, Unit Layanan Atambua, dan Unit Layanan Kupang.
Namun, organisasi Unit Layanan hanya berlangsung beberapa bulan saja. Sesuai Keputusan Direksi nomor 083.K/Dir/2012 tanggal 28 Februari 2012 tentang Organisasi PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur Area Kupang maka PLN Unit Layanan Kupang berganti nama menjadi Area Kupang . Adapun wilayah kerja PLN Area Kupang meliputi Rayon Kupang, Rayon Oesao, Rayon So’E, Rayon Kefamenanu, Rayon Atambua, Rayon Kalabahi, dan Rayon Rote Ndao.
Berbagai hambatan telah terlewati, sederet prestasi mampu diraih, semuanya sungguh bukanlah akhir tetapi awal yang harus memotivasi kita menghasilkan karya-karya yang lebih berharga demi PLN tercinta.

2.1.1        Nama dan Bentuk Perusahaan / Organisasi

PT. PLN ( Persero ) Area Kupang merupakan salah satu perusahaan milik Negara (BUMN) yang terbentuk.

2.1.2        Bidang Usaha/Organisasi

PT. PLN (Persero) Area Kupang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa untuk membantu masyarakat dalam bidang kelistrikan, dan juga menyiapkan material bagi masyarakat yang membutuhkan tenaga listrik.

Visi dan Misi

Visi: “PT. PLN (Persero) KORPORAT :
Diakui sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh kembang, unggul, dan                                      terpercaya, dengan bertumpu pada potensi insani.
          

PT. PLN (Persero) WILAYAH NUSA TENGGARA TIMUR :
Menjadikan perusahaan pemasok energi listrik terpercaya, mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan, mampu beroperasi dengan efisien, efektif dan andal serta mandiri secara financial.

PENJELASAN VISI:


 

Misi:

q  PT. PLN (Persero) KORPORAT :
1.   Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi kepada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan, dan pemegang saham.
2.   Menyediakan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
3.   Mengupayakan agar tenaga listrik dapat menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasanlingkungan.

q  PT. PLN (Persero) WILAYAH NUSA TENGGARA TIMUR :
1.   Menjamin ketersediaan tenaga listrik dengan kualitas dan kuantitas yang dipersyaratkan(KTL)
2.   Meningkatkan kepuasan pelanggan (CS)
3.   Meningkatkan profesionalitas dan integritas SDM (HR)
4.   Tata kelola bisnis ketenagalistrikan yang baik sesuai dengan kaidah yang dipersyaratkan (GCG)
5.   Pemanfaatan energi baru terbarukan untuk pembangkit listrik di PLN NTT (SDA)
Menjalankan usaha yang berwawasan lingkungan (LING)










Motto PLN : “Bekerja, bekerja, bekerja.”
1.      Bekerja untuk diri sendiri
2.      Bekerja untuk PLN
3.      Bekerja untuk publik / umum



2.1.3              Lokasi Perusahaan / Organisasi
PT. PLN (Persero) Area Kupang beralamat di Jl. Palapa No. 27 Oebobo Kupang. Telp. (0380) 821217, Fax. (0380) 833741

2.2      Organisasi Perusahaan
PT. PLN (Persero) Area Kupang dipimpin oleh seoarang manajer area kupang dibantu oleh 3 orang staf ahli yang membawahi asisten manajer, manajer rayon, dan para supervisior. Berikut struktur organisasi PT. PLN (Persero) Area Kupang beserta dengan uraian dan jabatan.
























2.2.1              STRUKTUR ORGANISASI

Tabel 1.
Jabatan dan Uraian Kerja
q  Manajer Area :
Merumuskan sasaran area, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pelayanan pelanggan, pendistribusian dan pembangkitan tenaga listrik. Berikut pembangunannya sesuai kebijakan PLN.
Tugas Pokok :
·         Merumuskan sasaran kerja cabang berdasarkan target perusahaan dengan pedoman kepada ketentuan PLN pusat, petunjuk serta kebijakan pelaksanaan pekerjaan dari unit pengusaha induk.
·         Menyusun konsep kebijakan teknis cabang berdasarkan program kerja unit pengusaha induk sebagai bahan usulan.
·         Menyusun usulan Rencana Anggaran Operasi dan Investasi Cabang untuk ditindak lanjuti kepada pemimpin PLN wilayah sebagai bahan rencana pelaksanaan tahun yang akan datang.
·         Menganalisa dan mengevaluasi kinerja cabang dalam rangka pencapaian target – target yang telah ditetapkan.
·         Mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan pendistribusian dan atau membangkitkan tenaga agar sesuai dengan jadwal dan target perusahaan.
·         Mengkoordinasikan pelayanan dan pembangunan kelistrikan dengan pemda setempat atau instansi terikat.
·         Memeriksa dan menandatangani bukti – bukti pengesahan, penerimaan dan pengeluaran uang cabang, surat perintah kerja, surat resmi lainnya yang menyangkut cabang, sebagai upaya untuk melaksanakan pengawasan dan pengendalian.
·         Merencanakan system pelaksanaan pengawasan dan penyerahan pekerjaan yang dilaksanakn oleh pihak ketiga untuk menghindari penyimpangan – penyimpangan.




.
q  Asisten Manajer Jaringan :
Mengkoordinasi dan mengarahkan bawahan di lingkungan distribusi keandalan system yang berkaitan dengan kontinuitas penyaluran tenaga listrik kepada lingkungan, serta melaksanakan operasi penertiban listrik, memelihara kondisi jaringan sehingga kontinuitas dan keandalan jaringan tetap terjaga.
Tugas Pokok :
·         Menyusun rencana kerja bagian distribusi sebagai pedoman kerja.
·         Mendisribusikan tugasnya kepada stafnya di bagian distribusi sesuai dengan bidang tugasnya.
·         Mengkoordinasi dan memberikan petunjuk kepada stafnya agar dapat melakukan tugasnya sesuai dengan rencana dan      SOP.
·         Mengevaluasi hasil kerja stafnya sabagai bahan pembinaan.
·         Mengevaluasi konsep rencan rencana anggaran operasi dan investasi di bagian distribusi sebagai usulan yang akan di ajukan ke kepala cabang.
·         Mengarahkan sasaran P2TL berdasarkan data hasil ukuran beban garduterhadap pelanggan yang mempunyai indikasi untuk dijadikan sasaran P2TL, sebagai upaya untuk menekan susut jaringan.
·         Mengarahkan konsep rencana pemakaian aliran listrik dan konsep usulan pembagian beban pada penyulang, serta konsep pemeliharaan jaringan dan gardu agar konsep tersebut layak dioperasikan.
·         Memberikan petunjuk untuk penyelesaian atas permasalahan yang timbul dan cara mengantisipasinya.









q  Supervisior Pelayanan Pelanggan : Menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pelanggan sesuai target yang telah ditentukan serta memberikan informasi dan penyuluhan tentang ketenagalistrikan di wilayah kerjanya dan prosedur pelayanan kepada pelanggan.

Tugas Pokok :
·         Membuat rencana kerja.
·         Menbuat langka – langka kegiatan pelayanan pelanggan sebagai pedoman kerja.
·         Mengevaluasi hasil penyambungan dan perubahan daya listrik, pemakai listrik sesuai ketentuan yang berlaku.
·         Membuat laporan berkala dalam bidang tugasnya.
·         Melaksanakan bidang – bidang kedinasan lainnya sesuai dengan kewajiban dan tanggung jawab pokoknya.

q  Asisten Manajer Transaksi Energi : Bertanggung jawab dalam perencanaan, operasi pemeliharaan mesin pembangkit listrik dan instalasinya termasuk gedung serta sarana dan prasarananya.
Tugas Pokok :
·         Menyusun rencana kerja di pembangkitan area
·         Member perunjuk kepada supervisior dan staf di bawahnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
·         Mengkoordinasikan penyusunan rencana teknis konstruksi, operasi dan pemeliharaan sarana pembangkit tenaga listrik dan bangunan sipil yang terkait agar sesuai dengan kebutuhan.
·         Mempelajari petunjuk kerja pengoperasian dan pemeliharaan mesin pembangkit untuk dijadikan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi.
·         Menyusun data RAO/UAI sebagai bahan usulan.
·         Membuat kebijakan dalam menjaga, mengoperasiakn dan memelihara asset dilingkungan pembangkit dan memanfaatkannya.
·         Mengkaji setiap peraturan yang berkaitan K3 untuk disesuaikan dengan keadaan atau kondisi saat ini dan melaksanakan penyuluhan bidang K3 serta mengulangi bahaya kebakaran dan mengadakan koordinasi dengan instansi terkait.




q  Asisten Manajer Pelayanan & Administrasi : Mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan sumber daya manusia dan administrasi, yang meliputi kepegawaian sekertariat, hokum dan humas untuk kelancaran dalam pelaksanaannya
Tugas Pokok :
·         Menyusun rencana kerja sesuai bidang tugasnya.
·         Memberi petunjuk kepada para supervisior dan fungsional ahli di bagian SDM dan administrasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
·         Mengkoordiner pelaksanaan tugas – tugas kepegawaian secretariat, hokum dan humas untuk saling mendukung dalam mencpai tujuan yang telah ditetapkan.
·         Mengkaji laporan yang berkaitan dengan pelaksanaan bidang tugasnya untuk mengetahui hambatan dan usaha penyelesaiannya.
·         Mengawasi kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dibidangnya agar sesuai dengan ketentuannya.
·         Mengevaluasi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja yang telah ditentukan sebagai bahan pembinaan kepada bawahan.
·         Menyusun rencana anggaran operasi (RAO0 dan usulan anggaran investasi (UAI) pada bagian SDM dan administrasi secara berkala sesuai aturan yang berlaku.
·         Membuat laporan berkala sesuai dengan bidang tugasnya.







q  Supervisior Pemeliharaan Jaringan: Bertanggung jawab dalam perencanaan, opersai dan pemeliharaan mesin pembangkit listrik dan instalasinya termasuk gedung serta sarana dan prasarananya.

Tugas pokok :
·         Menyusun rencana kerja dan pemeliharaan mesin pembangkit sebagai pedoman kerja.
·         Membagi tugas kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.
·         Memberi petunjuk kepada bawahan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.
·         Memriksa, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan dalam memelihara mesin dan alat bantu, peralatan listrik dan alat control sesuai dengan yang ditentukan.
·         Mengevaluasi laporan gangguan unit pembangkit untuk dijadikan sebagai bahan pemeliharaan dan perbaikan.
·         Mengusulkan dan memeriksa usulan kebutuhan material atau pemeliharaan termasuk untuk RAO / UAI.
·         Mengevaluasi laporan gangguan untuk bahan pemeliharaan / perbaikan.
·         Memonitor dan membuat daftar seluruh mesin berikut daya perlokasimengenai gangguan / kerusakan yang pernah terjadi, cara mengatasi dan petugas pelaksananya.
·         Membuat laporan sesuai bidang tugasnya.





2.2.2              Ketenaga kerjaan
PLN  Area  Kupang memiliki  137  karyawan  dengan kompetensi latar belakang pendidikan yang berbeda beda dan usia yang beragam, dengan perincian seperti yang dapat
dilihat pada :
Tabel 2:  Komposisi Karyawan Area Kupang

PENDIDIKAN
JUMLAH
UMUR
%
SMP
1
18-25
19
SMA
89
26-35
23,4
D1
15
36-45
28,5
D2
0
46-50
16,1
D3
13
51-54
10,2
S1
19
>54
2,9
TOTAL
137

100

Untuk tenaga outsourching PT.PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur  Area Kupang bekerjasama dengan dengan beberapa perusahaan antara lain:
No.
Borongan Pekerjaan
Pelaksana
1.
Pelayanan Teknik Rayon Kupang
PT Canayu Telaga Pratama
2.
Pengamanan Kantor Area, Rayon Kupang, dan Rayon Oesao
PT Karya Dewata Abadi
3.
Pengamanan Rayon So’E, Kefamenanu, Atambua, Rotendao dan Kalabahi
PT Nusa Mandiri Sejahtera
4.
Administrasi Perkantoran, Keuangan, dan Pelayanan Pelanggan
PT Nusa Mandiri Sejahtera
5.
Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Rayon Oesao, So’E, Kefamenanu, Atambua, Rotendao, dan Kalabahi
PT Nusa Mandiri Sejahtera
Tabel 3. Perusahaan Tenaga Outsourching



2.3      Kegiatan Produksi
Kegiatan produksi atau kemampuan produksi energy listrik yaitu :
1.      SEKTOR TIMOR (PLTD Kuanino) terdapat 1 generator Nigata dengan kemampuan daya 2500 KW dan mampu memproduksi dengan daya 1500 KW.
PLTD Tenau terdapat 10 mesin dengan rincian, 4 buah generator MAK, dengan kemampuan daya 2544 KW dan 1 buah generator Mirlles Caterpilar ( Caterpilar I dan II ) dngan kemampuan daya 4500 KW, 1 buah mesin Sulsel ( mesin andalan PT. PLN ) dengan daya terpasang 8000 KW dengan kemampuan daya 6000 KW, 2 buah mesin Generator Motor ( GM 1 dan GM 2 ) dengandaya terpasang 2544 KW dan kemampuan daya 1000 KW menjadi total kegiatan produksi daya seluruhnya 49. 350KW, sedangkan
2.      beban puncak siang hari 2.040 KW dan malam hari 37. 650 KW. Hasil produksi dari PT. PLN adalah listrik.

2.3.1                               Proses Produksi
Adapun kegiatan atau pelayanan PT. PLN (Persero) Area Kupang yang diberikan kepada masyarakat yaitu dengan memberikan jasa kelistrikan kepada masyarakat baik dalam bentuk meteran biasa maupun meteran pulsa prabayar, yang dapat dinikmati langsung oleh masyarakat Kupang khususnya masyarakat Nusa Tenggara Timur dan program baru dari PLN adalah mewujudkan NTT 100% memakai Listrik Pintar.

2.3.2                               Hasil Produksi
Hasil produksikan yang dihasilkan adalah jasa kelistrikan yang mencakup wilayah kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

2.4      Pemasaran / Wilayah Distribusi
2.4.1                               Daerah Pemasaran / Daerah Kerja
PT. PLN (Persero) Area Kupang memiliki 7 Rayon tersebar diseluruh kota dan kabupaten di pulau Timor, Alor dan Rote. Di pulau Timor terdiri dari Rayon Kupang, Rayon Oesao, Rayon Soe, Rayon Kefamenanu, dan Rayon Atambua, di Pulau Alor ada Rayon Kalabahi dan terakhir di Pulau Rote ada Rayon Rote Ndao. Pada masing – masing rayon tersebut membawahi sub rayon dan kantor jaga.

2.4.2                               Saluran Distribusi
Untuk mempermudah proses pelaksanaan kegiatan pemasaran, saluran distribusi yang dipakai oleh PT. PLN (Persero) Area Kupang ialah saluran jaringan tegangan menengah, jaringan tegangan rendah, saluran rumah (SR), alat pengukur dan alat pembatas (APP).  

BAB III
AKTIVITAS MAGANG
3.1                 Tempat Penugasan
Pada saat saya melaksanakan Magang di PT. PLN (Persero) Area Kupang
Jl. Palapa No. 27 Oebobo Kupang, saya ditempatkan pada bagian Pelayanan dan Administrasi Area Kupang. Dimana pada bagian ini saya dihadapkan pada unit Pelayanan Pelanggan. Pada unit ini, penulis diajarkan bagaimana menjual tenaga listrik dengan menggunakan surat perjanjian jual-beli tenaga listrik (SPJBTL), dan saya diajarkan bagaimana melihat pendapatan PLN dari sisi keuangan bahwa PLN mendapat keuntungan dari menjual Tenaga Listrik. Berikut contoh gambar PLN dari sisi pendapatan :





PT.PLN (persero) WILAYAH NTT 
AREA KUPANG


Masyarakat
 
                                                          Menjual tenaga listrik   








is.jpeg






 


     Mengirim uang                                                                       Membayar









PT.PLN (persero) WILAYAH NTT 
RAYON KUPANG,PT.PLN (persero) WILAYAH NTT 
RAYON KUPANG

 
PT.PLN PUSAT                                                                   Mengirim uang


Gambar 1. mekanisme penjualan dan pendapatan PLN
(Persero) Wilayah NTT Area Kupang.
Keterangan :
1.        Untuk memperoleh pendapatan, PT.PLN (persero) Wilayah NTT Area Kupang, menjual tenaga listrik kepada masyarakat dengan menggunakan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).
2.        Masyarakat membeli Listrik dari PT.PLN (persero) Wilayah NTT Area Kupang lalu membayarnya, dan uang pembayaran Listrik tersebut langsung masuk atau terintegrasi ke PT.PLN (persero) Pusat.
3.        Uang yang telah di terima oleh PT.PLN (persero) Pusat lalu di Dropping kembali ke PT.PLN (persero) Wilayah NTT Rayon Kupang.
4.        PT.PLN (persero) Wilayah NTT Rayon Kupang, mengirim atau mendropping lagi uang tersebut kepada PT.PLN (persero) Wilayah NTT Area Kupang disetiap minggu dan di setiap bulan, agar memenuhi kebutuhan-kebutuhan di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan dan juga untuk menunjang keberlangsungan dalam pendistribusian Tenaga Listrik.


3.2                    Sistem dan Prosedur

Sistem dan Prosedur Memonitor Absensi pegawai tetap dan pegawai outsourcing dengan program absensi sidik jari online (SECURE).
Ø   Setelah pegawai mengabsen secara otomats, akan ditarik data pegawai yang mengabsen.
Ø  Waktu pekerjaan yang diseting adalah 07.30 – 16.30
Ø  Setiap pegawai yang absen lebih dari waktu yang telah ditentukan akan dikenai teguran melalui surat.
Ø  Setelah pekerjaan selesai pegawai absen untuk pulang, dan bagi pegawai yang absen sebelum pukul 16.30 akan menampilkan pulang cepat.
Ø  Sedangkan khusus pegawai outsourcing yang pulang lewat dari pukul 16.30, akan mendapatkan uang lembur perjam.
Ø  Untuk ranting Rayon Kupang meliputi: Rayon Oesao, Rayon So’e, Rayon Kefamenanu, Rayon Atambua, Rayon Kalabahi dan Rayon Rote Ndao, data pegawai tetap dan outsourcingnya akan dikirim melalui E-mail.
Ø  Data yang diterima akan dicetak dan diperiksa oleh Supervisior Pelayanan dan Administrasi.
Ø  Data diarsipkan diruang arsip.

3.3                    Macam Kegiatan dan Uraian Kerja

Pada saat saya mulai menjalankan Magang pada bagian Pelayanan dan Administrasi PT. PLN (Persero) Area Kupang, pekerjaan yang saya lakukan selama Magang di PT. PLN (Persero) Area Kupang, adalah sebagai berikut:













NO
HARI/TGL
URAIAN KERJA
KETERANGAN
1
Rabu 01/07
Perkenalan Diri
Hadir
2
Kamis 02/07
Mengscan arsip data pelanggan 
Hadir
3
Jumat 03/07
Mengscan arsip data pelanggan 
Hadir
4
Senin 06/07
Menghitung biaya pengisian listrik prabayar 
Hadir
5
Selasa 07/07
Mengarsip data pelanggan ke ruang AIL
Hadir
6
Rabu 08/07
Mengarsip data pelanggan ke ruang AIL
Hadir
7
Kamis 09/07
Membuat brosur listrik pintar
Hadir
8
Jumat 10/07
 Ikut Ret-Ret Kampus
Ijin
9
Senin 13/07
Input arsip data pelanggan dalam bentuk PDF
Hadir
10
Selasa 14/07
Input arsip data pelanggan dalam bentuk PDF
Hadir
11
Rabu 15/07
Input arsip data pelanggan dalam bentuk PDF
Hadir
12
Kamis 16/07
Cuti bersama
Libur
13
Jumat 17/07
 Hari Raya Idul fitri
Libur
14
Senin 20/07
Cuti bersama
Libur
15
Selasa 21/07
Cuti bersama
Libur
16
Rabu 22/07
Mencatat map arsip data pelanggan
Hadir
17
Kamis 23/07
Membantu di gudang PLTD kuanino
Hadir
18
Jumat  24/07
Ikut Mengantar Surat ke pelanggan besar
Hadir
19
Senin 27/07
Mencatat nomor meteran pulsa 
Hadir
20
Selasa 28/07
Ikut sosialisasi program ebiling di pelanggan besar 
Hadir
21
Rabu 29/07
Ikut sosialisasi program ebiling di pelanggan besar 
Hadir 
22
Rabu 30/07
Ikut sosialisasi program ebiling di pelanggan besar 
Hadir 





NO
HARI/TGL
URAIAN KERJA
KETERANGAN
23
Kamis 31/07
Membuat label map di Ms.exel
Hadir
24
Senin 03/08
Membuat surat jawaban permohonan meteran listrik baru
Hadir
25
Selasa 04/08
Mengetik label map di Ms.exel, Mengetik Surat Penerapan tarif untuk pusat perbelanjaan
Hadir
26
Rabu 05/08
Menginput ID data pelanggan
Hadir
27
Kamis 06/08
Mengetik daftar ID pelanggan
Hadir
28
Jumat 07/08

Mengetik Surat Laporan Legalisasi
Hadir
29
Senin 10/08
Mengetik data pelanggan di ms.exel
Hadir
30
Selasa 11/08
Mengetik surat perintah kerja di ms.word
Hadir
31
Rabu 12/08
Mengscan arsip data pelanggan
Hadir
32
Kamis 13/08
Mencetak permohonan migrasi
Hadir
33
Jumat 14/08
Mencetak permohonan migrasi
Hadir
34
Senin 17/08
HUT Proklamasi Kemerdekaan RI
Libur
35
Selasa 18/08
Mencetak token prepaid
Hadir
36
Rabu 19/08
Mencetak token prepaid
Hadir
37
Kamis 20/08
Mencetak berita acara
Hadir
38
Jumat 21/08
Mencetak surat permohonan tambah daya
Hadir
39
Senin 24/08
Mengagenda surat
Hadir
40
Selasa 25/08
Mencetak permohonan migrasi
Hadir
41
Rabu 26/08
Mencetak permohonan migrasi
Hadir
42
Kamis 27/08
Ikut sosialisasi  Listrik pintar di Lapas
Hadir
43
Jumat 28/08
Mengisi Perubahan Data Langganan melalui Sistem Online
Hadir
44
Senin 31/08
Meng-agenda Surat dan pamit
Hadir

1.1                    Masalah yang dihadapi

Selama melaksanakan Magang, kendala yang dihadapi oleh saya adalah, semua pekerjaan yang ada di PT. PLN (Persero) Area Kupang menggunakan sistem online dan hal – hal mengenai listrik yang tidak sepenuhnya diketahui dan tidak dimengerti oleh saya.

1.2                 Penanganan Masalah

Untuk menangani masalah tersebut, saya selalu bertanya kepada pembimbing Magang atau pegawai yang lain sesuai dengan pekerjaan yang tidak dimengerti oleh saya.


















         BAB IV
            PENUTUP
4.1            Kesimpulan

Berdasarkan uraian diatas, maka saya mengambil kesimpulan yang berkaitan dengan kegiatan Magang yaitu, sebagai berikut:

·   Kegiatan Magang merupakan salah satu tugas bagi mahasiswa dan sudah termasuk dalam Mata Kuliah dengan 2 SKS.
·   Kegiatan Magang merupakan sarana peningkatan dan pembinaan manusia ditingkat Perguruan Tinggi yang menjadikan mahasiswa yang bertanggung jawab, mandiri dan terampil ketika terjun dalam dunia kerja.
·   Kegiatan Magang menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai dunia kerja dan lebih mempersiapkan mahasiswa agar kedepannya selalu siap menghadapi dunia kerja.
·   Dilihat dari sisi keuangan, kegiatan Magang pada PT.PLN (Persero) Area Kupang, membuat mahasiswa bisa  mengerti bagaimana caranya bagi Perusahaan Listrik tersebut menerima pendapatan dengan melakukan penjualan tenaga listrik.

4.2                       Saran

·   Bagi Akademi Keuangan dan Perbankan, agar lebih banyak menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan, sehingga mahasiswa tidak disulitkan dengan pembagian tempat    Magang.
·   Bagi Jurusan Keuangan dan Perbankan:
Ø Diharapkan pada kegiatan Magang tahun akademik berikutnya dari pihak jurusan dapat memonitoring langsung ke lapangan dimana mahasiswa melaksanakan Magang agar dapat meningkatkan hubungan baik antara kampus dan perusahaan atau instansi tersebut.
Ø Agar kedepannya lebih di perhatikan lagi dalam mengatur pembagian tempat magang.







2 komentar:

  1. mbak sya boleh tanya gimana solusi persiapan magang di pln?

    BalasHapus
  2. Sangat Bagus kaka...
    + Informasi ini sangat membantu saya dalam melakukan penelitian :D
    GOD BLESS U :D

    BalasHapus